Jangan Sampai Katarak

Jumat, Januari 20, 2012


sedang mengubek-ubek koran ketika dapat tugas Bahasa Indonesia mencari tajuk rencana.
baca baca bacaaa eh, ada satu artikel yang lucu haha.

**

1. Segala sesuatu itu harus dipelihara. Maksudnya yang bertujuan baik tentunya. Karena memelihara simpanan milik orang lain itu tidak baik. Menyimpan uang haram itu juga tidak baik. Apalagi sampai disimpan di ember cucian.

yang saya maksud untuk dipelihara dengan baik itu adalah hati anda. karena hati itu adalah sumber dari segala sumber kebenaran. kalau tidak dipelihara sumber kebenaran itu, gawat hasilnya. karena kalau sumber kebenarannya kotor seperti katarak di kedua mata saya, maka tak hanya penglihatan anda juga kotor, tetapi seluruh diri anda kotor. membersihkannya akan susah setengah mati. apalagi kalau kataraknya yang tipe keras dan bukan yang lembut.

2. katarak hati itu diakibatkan dua hal. yang pertama yang paling gawat adalah dari hati anda. jadi ini faktor internal. yang kedua faktor eksternal. dalam kasus saya, bobotnya sama sehingga katarak di hati saya ajubile tebalnya. yang dari luarlah yang membuat saya mengutuki orang. saya punya klien, mau minta bertemu saja susahnya setengah mati. saya sampai bilang apa sih susahnya memberi waktu kepada saya untuk mendengar presentasi saya.

saya tak mengharapkan klien saya mau bekerja sama dengan saya. itu buat saya tak penting. yang penting saya diberi waktu untuk menjelaskan pemikiran saya. siapa tahu yang awalnya tidak mau bisa jadi mau, bukan? hal seperti ini membuat saya panas dan itu mulai mengotori mata hati saya. bayangkan, ini tak terjadi setahun sekali, terjadinya nyaris setiap minggu. jadi, jangan seperti saya. cegahlah faktor internal ini agar tidak membuat mata hati anda katarak.

3. cara mencegahnya ada dua. pertama, banyak bergaul dengan banyak kalangan. dari anggota DPR yang kotor dan yang bersih, sampai pengemis dan tukang becak yang kotor dan yang bersih. dari waria sampai pria beneran. jangan menjadi anggota salah satu kelompok, anda akan mudah menjadi ekstrem karenanya.

kedua, banyak membaca. lihat dan baca berbagai majalah dan buku, jangan Cuma baca yang itu-itu saja. hati yang tak terbuka membuat katarak makin menjadi-jadi. yang pernitng terbuka, anda tidak setuju tak masalah. karena kalau mata hati anda terbuka, anda tak mudah menghakimi. nah, menghakimi itu adalah salah satu di antara sejuta faktor eksternal yang telah membuat katarak saya tambah parah.

4. cara memelihara agar jangan katarak? hanya satu. berpikir benar.

sumber : Suara Merdeka, Kamis, 8 Juli 2011. SAMUEL MULIA

You Might Also Like

0 COMMENTS

Hello, there! Welcome to harianiseng. Have you travel around here a lot, and get lost? Make sure to pay a visit later! Love.

FRIENDS OF MINE

Subscribe