Pamit

Jumat, Agustus 23, 2013


tumblr.com

H-1 keberangkatan. Andai saja waktu dapat dihentikan perputarannya.

Pagi ini langit Banyumas cerah. Hujan deras yang membungkus kota kecil saya semalam tinggal menyisakan riak-riak kecil di halaman depan rumah. Disulap menjadi kolam pemandian untuk bebek-bebek peliharaan tetangga.  Jalanan depan riuh oleh ibu-ibu berdaster gombrang yang menyuapi sarapan anak-anaknya. Bandel, berlarian ke sana ke mari. Susah diatur. Berlomba meneriaki si anak yang melepeh sarapan mereka, pun masih sempat-sempatnya saling bertukar gosip.

Perasaan saya… random. Memori mengular saling bertautan di kepala saya.

Mengingat momen-momen penuh rasa syukur, saat saya diterima menjadi mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada—kampus impian saya sejak kecil. Nyawa yang setengah-setengah, setengah penuh-setengah tidak percaya, ketika mengenakan jas almamater pertama kali. Tidak sabar menunggu tibanya hari keberangkatan. Setiap hari bersemangat menandai hari yang telah lewat di kalender. Dan ketika hari keberangkatan tinggal dalam hitungan jam, saya tidak ingin pergi.

Dari dulu, saya selalu ingin melanjutkan sekolah di Jogja, berstatus menjadi mahasiswi Fakultas Kedokteran UGM, berjuang dengan ratusan mahasiswa lain dari seluruh Indonesia. Berkeras hati bahwa suatu saat saya harus meninggalkan Banyumas untuk belajar banyak hal baru. Beberapa kali saya memang berkesempatan pergi dari Banyumas, namun tidak dalam waktu yang lama.  Dan ketika saya masih nyaman di rumah, masih ingin selalu mengobrol panjang dengan adik kesayangan, berbagi tempat tidur, bermanja-manja dengan ibu, Tuhan berbaik hati mengabulkan permintaan saya. Tapi, saya bahkan semakin tidak ingin pergi.

Ini akan jadi saat-saat saya merindukan kampung halaman, dengan satu tempat manis yang saya sebut rumah. Rindu hingga nanti akan tiba saatnya bagi saya untuk pulang. Saya berjanji akan pulang dengan penuh kebanggaan. Mereguk setiap cumbuan udara Banyumas yang menggairahkan. Memeluknya dengan intim, nanti.


Banyumas, pamit.

“You go away for a long time and return a different person - you never come all the way back”   Paul Theroux, Dark Star Safari: Overland from Cairo to Cape Town

xoxo, 


Ma 





p.s:
Saya berusaha begitu lama mem-posting tulisan random ini. Bahkan saya sudah mulai menuliskannya di H-7 keberangkatan, ketika saya tengah memantapkan hati saya sendiri udah bersegera rela pergi. Ya, hari-hari yang berat! Terima kasih untuk selalu menyemangati saya, ya :)

You Might Also Like

48 COMMENTS

  1. Hoho akhirnya bisa comment, okesip lol :))

    Selamat ya sudah keterima di UGM, sebagai sesama anak rantau saya mengerti feelingnya hehe. Semoga nanti di tempat baru lgsg segera dapet temen dan sibuk, biar ga sering homesick hehe

    http://aminanda.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak terima kasih yaa. itu juga semacam dream comes true waaa. iya semoga semoga, lagipula gimana pun harus betah kan hehe

      Hapus
  2. ciee yg mau ninggalin kampung halaman buat kuliah, semangat ya! emang agak berat buat meninggalkan kampung, aku jg dulu gitu kok, tapi ntar jg pas di sana jd terbiasa, apalagi kalo kamu ntar banyak kegiatan, beuh bisa lupa pulang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah gimana ya mbak, biasanya di rumah udah kaya princess sih hahaha. waaaa lupa pulang :o

      Hapus
  3. merantau memang berat di awal, karena udah terbiasa hidup di kota kelahiran. tapi nanti lama-lama juga adaptasi dengan kota baru. cari aja teman yang kira-kira bisa diajak sharing, juga komunitas yang bisa membuat kita ga ngerasa sendirian. kalo dulu aku aktif di organisasi kampus, jadi malah ga ngerasa sepi. pilih organisasi kampus pun disesuaikan dengan minat/hobi. yang kira-kira bisa bikin kita belajar mengembangkan diri. moga dimudahkan urusannya ya. kalo homesick wajar, namanya juga baru. sering-sering aja telp orang di rumah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi itu semacam pengalih perhatian biar ngga kangen rumah, kan? okesip laksanakan komandan!
      yang penting lagi sih biarpun banyak kegiatan, harus tetep fokus sama kuliahnya ya hehe

      Hapus
  4. "Jejak"



    :D

    http://ekienglandmuse.blogspot.com

    BalasHapus
  5. kita memang perlu keluar dari zona nyaman maa, untuk melihat sisi dunia yang lainya. karena dengan merantau bisa menghilangkan kesedihan, memulai kehidupan baru, memperkaya budi, pergaulan yang terpuji serta meluaskan ilmu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. segi positifnya memang itu, La. sayangnya aku biasanya memperluas zona nyaman, ngga pernah mau keluar dari sana. hahaha emang ya aku serakah banget.

      Hapus
  6. selamat bergabung di komunitas anak kost. awalnya emang aga berat tapi kelamaan juga enjoy
    tetap semangat

    BalasHapus
  7. keren nih tulisannya, menyentuh hati banget. Cocok nih, jadii... Penjual Duku #okengaco cocok nih jadi sastrawan, tapi kuliahnya kedokteran. Kalo punya usul boleh juga jadi penulis yang punya kerja sampingan jadi dokter. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha antimainstream banget ya. biasanya kan dokter yang punya kerja sampingan jadi penulis. duuh apik tenan haha

      Hapus
  8. selamat udah ketrima di UGM. semoga sukses dan apa yang di cita-citain terkabul...
    dan terima kasih udah berkunjung di blog saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin dan terima kasih ya bang hehe
      ah iyaaa :)

      Hapus
  9. Halo amaaaaakkk hihihihi, aah jadi ikutan sedih... Aku juga begitu pas ninggalin bekasi ku tercinta :""" Semangat amaak semangat! *tebar pom pom*

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhu tapi ipeh kan jadinya pindahan jogja sekeluarga :')
      iyaa semangat ini peh semangaaaat huwohuwooo~

      Hapus
  10. selamat kakak anak UGM.. dih bikin envy :) doain tahun depan aku nyusul ya kak ;)

    BalasHapus
  11. Selamat yaa, diterima di UGM. Apalagi keterimanya di falkutas kedokteran. KEREN!

    Walaupun meninggalkan kampung halaman, kalo kita sukses toh bisa balik lagi kan. Semangat!!! :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe alhamdulillah bang Mamat.
      iya sih, tapi kaaaan *hening* semangat deh semangaaaat :D

      Hapus
    2. semangat yaa :D hebat good job !

      Hapus
  12. kereeen, semangat ya sesama merantau :D

    BalasHapus
  13. wah, sebelumnya selamat ya udah bisa diterima di kampus impiannya.

    selamat datang di kerasnya persaingan jogja.

    BalasHapus
  14. Selamat atas predikat sebagai mahasiswinya. Semoga lancar kuliahnya, cepat selesai dan segera pulang ke Banyumas dengan membawa kesuksesan dan kebanggaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih. aamiin mudah-mudahan dimudahkan dalam segala urusan :)

      Hapus
  15. hoho, agak sulit ya emang harus menata hati untuk pergi. tapi niat dan tujuannya kan baik, semoga lancar dan berkah ya jadi mbamba ugm nya :D
    salam kenal dari jogja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iyaaa. bagaimanapun tetap harus ada pengorbanan buat meraih tujuan kan, Mbak hehe. salam kenal juga^^

      Hapus
  16. wah mahasisiwi yah d ugm . selamat jg untuk fk ugm nya ^^ semoga menjadi dokter yg pinter aamiin. salam kenal erin jg maba nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aammin. iyaa habis tak kepoin hihi salam kenal yaa :D

      Hapus
  17. saya juga ah mau belajar di ugm, biar bisa tambah ilmu dan ketemu asma. boleh kan. gak puas cuman S1 doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi boleh boleh. menuntut ilmu kan dari pangkuan ibu sampai ke liang lahat.

      Hapus
  18. wih mantep, kedokteran UGM :o
    ga ky saya.. dari sekolah sampe kuliah ttep di Banyumas.. ahaha :D

    btw, congratulation :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe sengganya kamu bisa selalu berkontribusi buat Banyumas. hidup ngapakers :D

      Hapus
  19. anak Banyumas yg kini menjadi anak Jogja :o
    jgn lupa mudik looh, adik mu dan ibu mu di rumah pasti kangen :D

    BalasHapus
  20. wah artikelnya sangat menarik. salam kenal.

    BalasHapus
  21. Wah hebat bisa dapet fk-ugm sukses selalu untuk kuliahnya ya mbak, semoga saya juga bisa nyusul kesana :)

    BalasHapus
  22. Selamat sudah diterima di UGM, semoga menjadi mahasiswa yg bisa membanggakan terutama kedua orang tua ^^
    makasih udah follow back

    BalasHapus

Hello, there! Welcome to harianiseng. Have you travel around here a lot, and get lost? Make sure to pay a visit later! Love.

FRIENDS OF MINE

Subscribe