Dua Adek: Ayo, Lari!

Rabu, Februari 11, 2015

‘Halo, Dek.’

Baru beberapa menit lalu aku tiba di rumah. Sudah hampir maghrib. Dan bukannya segera mandi sebelum Nyonya Besar mulai mengomel—‘anak perempuan harus lebih sigap dong!’ Aku justru bersemangat sekali membuka netbook, bermaksud melampiaskan nafsu menulis setelah bertemu kalian tadi sore.

Kamu berdua mungkin akan terkejut kalau suatu hari menemukan remahan surat ini di sudut lini masa. Siapa tahu ada angin yang berbaik hati menyelipkannya di beranda kalian. Soalnya dari tadi aku lihat kalian begitu asyik sendiri dengan ponsel masing-masing. Apa itu namanya yang sedang tren sekarang? Ah. Smartphone.

Aku dengar tadi kalian saling menertawakan karena sudah tiga kali ganti akun instagram karena lupa passwordnya. Beberapa kali mencibir karena mendapat pertanyaan nyeleneh di akun ask.fm—yang menit selanjutnya segera kalian balas. Bahkan, aku sempat mendengar kalian membicarakan seseorang dari antah berantah yang kalian idam-idamkan—yang aku yakin dia adalah seorang laki-laki.

Ah, iya. Maafkan aku karena tidak sengaja menguping. Tapi percakapan kalian memang sangat menarik untuk didengar.

Kalian kelas berapa? Sepertinya SD, ya, kelas lima atau enam?

Kalian tahu, tidak. Kalau mendengarkan percakapan kalian tadi—eh, maksudku menguping, tanpa melihat kalian, aku mungkin akan menebak kalian sebaya denganku, atau paling tidak kalian sudah SMP. Tapi tidak. Kalian ternyata masih mengenakan seragam merah putih, dengan dasi merah ketat melingkar di leher.

Duh. Lebih-lebih saat mendengar kalian saling mencemooh dengan sebutan jomblo. Sepertinya kalian tumbuh lebih cepat dibandingkan aku, ya.

Saat aku masih SD, aku bahkan tidak tahu apa itu istilah jomlo. Aku tidak pernah memegang ponsel kecuali ponsel Doraemon kepunyaan Abi yang pasti akan membuat kalian menjerit saking tebal dan kunonya. Kebanggaanku saat itu karena baru punya satu set komputer baru di rumah. Ah, mencetak nama panjang warna-warni untuk ditempelkan di pintu kamar saja aku sudah bahagia luar biasa. Kalian membuatku terheran-heran—pun sedikit takjub kalau boleh jujur.

Belum saatnya, Dek, kalian sibuk berteman baik dengan sosial media yang sebetulnya belum membawa manfaat apa-apa untuk kalian, kecuali menang banyak-banyakan followers. Tapi apa asyiknya, sih?

Ayo, Dek.

Sesekali kalian harus mencoba serunya bermain kejar-kejaran di halaman sekolah saat istirahat. Atau main lompat tali. Atau main petak umpet. Atau main patok-patokan ular. Atau main benteng-bentengan. Lalu kadang-kadang diomeli bu guru karena masuk kelas keringatan. Bau.

Kalian harus mencoba asyiknya mengumpulkan kertas binder, lalu tukar-tukaran dengan teman lain. Jadi yang paling heboh rebutan kertas binder gambar princess. Jadi yang paling bahagia sendiri karena punya kertas binder paling banyak, sampai-sampai buku bindernya tidak muat lagi.

Ayo. Tunggu apa lagi?



‘Dek, boleh followback twitter-ku, ngga? Aku yang tadi seangkot pulang sama kalian. Pakai baju warna pink.’

Banyumas, Februari 2015

You Might Also Like

21 COMMENTS

  1. Tulisannya, rapi banget :' keren abis.

    Keresahan sekarang, anak SD udah terlalu cepat dewasa ya -_-

    BalasHapus
  2. ya di omelin keringatan, keinget waktu SD
    hahaha
    Tulisannya keren
    salam kenal yaaaa

    BalasHapus
  3. Biasalah anak zaman sekarang, Udah anti sosial. Efek tontonan sama lingkungan..

    Zaman-zaman kita kecil dulu, yang pegang hape itu palingan bos-bos pabrik kerupuk ato orang2 tajir. Kalo hape itu motor, pasti indonesia semakin macet banget.

    BalasHapus
  4. Jangankan anak sd, anak tk sekarang banyak yang kecanduan gadget

    Salam kenal ya^^

    BalasHapus
  5. Wuiiiih keren, bisa cerita beginian ya :)

    Emang sih jujur kalo liat anak zaman skg bawaannya prihatin, pun dg teknologi yg makin maju tak berarti pemikiran anak-anak bisa digerogoti dgn sosial media yg memang belum saatnya.

    BalasHapus
  6. Emang, Kak. Maklum, mereka anak zaman sekarang, suka nyanyi juga tuh, goyang dumang. :D

    BalasHapus
  7. zaman udah berubah ya, kangen masa masa kecil kita yang sekarang kayanya ud gaada lagi, miris sih sebenarnya ngeliat anak kecil zaman skrg, dewasanya cepet bgt... oiya salam kenal yaa kk :D

    BalasHapus
  8. Ini realita publik. Dan saya termasuk korban ini semua :D

    BalasHapus
  9. gue angkatan 90 dan jujur saja kalau yang namanya naksir sama laki zaman SD itu bukan hal yang aneh, hanya mungkin waktu itu belum ada yang namanya social media, internet, hp, jadi gak kesebar dan heboh seperti sekarang,, jadi lebih tertutup, yang tahu hanya teman bermain.
    btw soal binder, ah jadi inget dulu suka ngumpulin biodata temen, sekarang masih tersimpan dengan baik, hihihi

    BalasHapus
  10. Pangeran selalu kagum sama teknik menulismu asma. Keren, lo.. Kapan, ya. Pageran bisa nulis gini. "Pangeran apaan mah.."

    Memang bener yang ditulis dalam cerita. Anak zaman sekarang seperti sudah lupa dengan usia meraka. Mereka sudah lupa dengan apa yang seharusnya dan apa yg tidak.

    Bahkan. Mereka juga lupa bahwa masa kecil itu menyenangkan. Pangeran yakin, masa dewasa nanti. Mereka akan memiliki tingkat kebosanan tinggi. Akibat teknologi sudah terlalu melekat di otak mereka.

    Kasihan, ya. Waktu tak mengerti zaman. :'(

    BalasHapus
  11. Anak kali sekarang.

    Mereka terlalu cepat mengikuti pergerakan zaman. Sungguh kasihan masa mereka.

    BalasHapus
  12. bangun tidur, main gadget, bangun lagi, gadget lagi, banguuuuuunn , gadget lagi :(

    BalasHapus
  13. aku terpesona sama gaya nulisnya ^^

    aku lupa kalo dulu emang pernah masuk kelas dalam keadaan super wangi gara2 kejar2an disawah bareng temen :v

    BalasHapus
  14. Anak SD uda jauh lebih dewasa. Ngga papa. Namanya jugak manusia :P

    BalasHapus
  15. halo, salam kenaaall~~ aku fuji hehehe.
    aku suka gaya menulismu
    asik banget bacanya, tapi ternyata pendek yaaahh

    hehe cukup prihatin juga ya liat anak zaman sekarang, teman adiku aja--kelas 2 SMP, katanya sudah punya mantan pacar 9 orang. padahal aku yg udah kuliah semester 6 ini baru punya pacar satu, belom punya mantan ^_^a
    dan anehnya mereka bangga hihihi

    BalasHapus
  16. Haha, tidak di sana tidak pula di sekitar sini. Tapi yang di pelosok-pelosok negeri masih asyik-asyik saja tanpa menggenggam -Ah, Smartphone.

    BalasHapus
  17. Ah.. anak kecil, udah jago main instagram.. sampe ganti instagram tiga kali. Gue dulu, mainannya tazos pokemon.. anak jaman sekarang emang lebih cepet dewasa sebelum waktunya. Gue pernah ngajar di sd swasta semarang, kelas enam, udah berani pacaran sampe ciuman bibir. miris sekaligues envy.. ehm enggak miris aja maksudnya.

    btw.. minta followback emang udah follow akun mereka berdua? :D
    haha

    BalasHapus
  18. sarat makna nih, ehe. yah gue sama kayak lo, sedih melihat anak2 kecil jaman sekarang tumbuh puber terlalu dini. masih sd udah ribet ngomongin jomblo bellum lagi aktif di medsos. yah, memang, masa kecil mereka engak seseru yang anak taun 90-an alami. main sama temen lari2an itu seru bgt dariada main medsos. ada satu lagi, main galaksin.

    BalasHapus
  19. Ngh... kupikir tadi ini tulisan romantis. Ternyata... cukup bikin meringis lebih-lebih hati nurani menangis.

    Ahwf, aku bingung harus berkomentar apa, lebih-lebih baca komentarnya bang ed di atas. Sepertinya, selain kita anak muda yang kelak akan menjadi orang tua, orang tua jaman sekarang pun harus turut bertanggung jawab atas fenomena ini... Ah, smartphone..

    BalasHapus
  20. haha. ya mau gimana juga. alasan mereka pasti zaman udah berubah. mereka gak bakal bisa merasakan lagi gimana serunya main petak umpet, main bola hingga maghrib. berenang di lautan. anak jaman skrg anti gituan.

    seperti biasa, surat lo bagus, Ma

    BalasHapus

Hello, there! Welcome to harianiseng. Have you travel around here a lot, and get lost? Make sure to pay a visit later! Love.

FRIENDS OF MINE

Subscribe