Saving for Books 2017

Sabtu, Januari 07, 2017




harian iseng saving for books 2017




Too many people spend money they earned to buy things they don’t want, to impress people that they don’t like.—Will Rogers.


Hello, there! Finally, 2017 has already arrived and because today is still the 7th day of 2017, I think it should be the perfect time to throw you with common question about: how was your 2016?

Honestly, I didn’t write too much about my ups and downs of 2016 in harian iseng because… I do not know. I just posted three blogposts until end-year which can be said that I wrote nothing in 2016. Well, there is something wrong with me, no doubt at all.

Like I said hundreds time before, blogging always be my favourite thing because in here, I’m able to tell you about anything, as well cherish every moments, too. Yet, today, with the result of my disappointing-productivity over 2016, again, I need to slap myself back with: do you really call yourself a ‘blogger’?   

That’s why, to cut my unproductivity off, in this beautiful morning, I am so eager to tell you about my personal project. Yes! 

If you are my everyday reader (I hope you are the one!), you must have known about ‘Receh untuk Buku’, right? Yes, I enrolled this project twice, in 2014 and 2015, and it kinds of interesting thing to remember because I’m able to buy more books in the end-year. Of course, I need to say piles of thank to several end-year sales in Yogyakarta where I spent the money on.

However, even though I used the money before the project ended, let’s say that both projects were 98% success.

So, to wrap happiness as my 2017 end-year present, I feel like continuing the project as my personal project, and name it with ‘Savings for Books’. I change the name because I’m ready to walk ahead into higher level (put a lot of arrogant emoticon here).

In Receh untuk Buku 2014 and Receh untuk Buku 2015, I tend to save small change (receh) into bottle and struggle to not-open-the-bottle before the end year, while in ‘Savings for Books’, I’m planning to save bigger nominal, it is IDR 2000, because it sounds more challenging. In the other hand, if I’m patient enough, I will get more money until the end-year of 2017. Ha!

So, let me tell you about the project’s rule.

It is, you have to collect your money (the nominal depends on yourself) for one year. Just make sure to have enough space where you can save the money, it will be a lot! Then, you are not allowed to count or use your saving money until the end-year of 2017. That is why you need a full-protection-piggybank to handle the unconscious-usage of saving money. Voila! After the end-year arrives, you are borderless free to use the money to buy some books, for yourself or as present is fine.

And, that’s about Savings for Books project.

So, do you want to join me for Savings for Books 2017? It should be great because I will have any rivals, whom I can compare the amount of money in the end of 2017 with.

Yogyakarta, January 7th 2017.
Love, Ash.

You Might Also Like

34 COMMENTS

  1. Sama banget hihi aku juga desember baru pecah telor tulisan 3 biji
    Btw keren ada projek buku gitu aku kalau beli buku spontanitas pas mampir ke toko buku aja, sebenernya kalo nuku aku lebih seneng koleksi komik series dan kelak pengen bikin perpus kecil gitu, saat ini masih nyicil ..makasih ya tadi dah berkunjung ke blog aku ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah. Sebetulnya sama, sih, Mbak Nita. Nanti di tengah2 tahun juga paling aku tetep tergoda buat beli buku tapi... pakai sumber dana lain. Ini proyek asyik-asyik aja biar kalo sale buku akhir tahun bisa borong (dasar!)

      Hapus
    2. Wah, selamat nyicil buat perpusnya, Mbaaaak~

      Hapus
  2. Hallo kakak...
    Jujur nih, aku ng tau mau nulis komentar apa, habisnya tulisan kakak Inggris semua, dan sama sekali ng bisa aku terjemahkan..

    Jadi, salam kenal aja, ya.. :)

    BalasHapus
  3. masih mending mbak bisa ngepost 3 tulisan di bulan desember yang lalu, sedangkan saya bulan kemaren cuman bisa update 1 tulisan di blog *nangis di pojokan*

    eniwei, saya merasa menjadi tertarik dengan Receh untuk Buku, kalau di 2017 mau diadakan lagi jangan lupa share ke blog ya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ayok ah semangat lagi ngeblognya.
      Hm... ini sebetulnya proyek menggantikan Receh untuk Buku. Jadi buat seterus2nya, ya Savings for Books hehehe. Receh untuk Buku bisa ikutan berapa blogger buku lainnya, tuh :)

      Hapus
  4. butuh google translate buat ngebaca semua ini, tapi kok malah acak acakan iya???

    itu yang will roger maksudnya banyak orang yang sok sok bergengsi gitu iya??

    ini ceritanya ingin mengumpulkan 2000 selama setahun untuk membeli buku iya didalam celengan. kalau begitu konsisten aja, ditambah lagi jangan hanya 2000, tambahlah jadi 5000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya soalnya ngebahasa-inggrisinnya kan manual, ngga pake google translate, Dek (sombong dikit).
      Yup.
      Weh, nabungnya sesuai kemampuan finansial dulu hahaha kalo 5000 nanti akhir bulan cuma bisa makan indomie :(

      Hapus
  5. Iya nih tahun 2016 produktivitas menulis turun drastis, tahun 2015 bisa nulis 100an sekarang cuma nggak sampai setengahnya.

    Ngumpulin receh buat buku, pernah sih ngumpulin receh tapi nggak buat beli buku. Walau ngumpulinnya asal gitu hasilnya lumayan juga lho. Apalagi yang sudah niat ngumpulin buat beli buku, pasti ngumpul lebih banyak recehnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. BERJUANGLAAAAH~

      Iya, sih, selama konsisten ya \m/

      Hapus
  6. Saving money for books? Nice sounds. Maybe, I can do it this year. But, it looks I can't consistent to do it ehee..

    btw kunjungan pertama, salam kenal (:

    BalasHapus
  7. Kalau 2017 ini projek saya "Books Without Borders", membaca beragam buku dari berbagai belahan dunia. Dan diusahakan bukan bajakan :P

    Semangat membaca!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, keren juga tuh. Yet.... itu pasti butuh dana lebih banyak hahaha.

      Hapus
  8. Aku juga lagi ngumpulin receh nih tiap hari, sayangnya tujuanku bukan buat beli buku. Bukannya aku gak suka buku sih, tapi lebih ke prioritas mana yang kubutuhin dulu. Lagi pula seperti komentarnya mbak pratiwi di atas, aku juga kalau beli buku masih angin-anginan sesuai mood, kecuali buku pelajaran yang wajib.

    Tapi good luck deh buat projeknya, semoga berhasil hehehe

    BalasHapus
  9. Menarik nih idenya. Nanti uang 5 yuan yg gua tabung, bakal gua beliin buku deh kalo pas liburan pulang ke Indonesia, hahaha...
    Kangen baca buku dalam bahasa Ibu nih, baca buku bahasa Mandarin itu melelahkan...

    BalasHapus
  10. Keren ah saving for books...Saya mah saving for traveling aja..he he he..baca buku nyari yang seken2 aja..disini banyak murah-murah..atau ke perpustakaan..buku2nya keren2..:)

    BalasHapus
  11. Ku mau ikutan ahhhhh, biar bisa beli ebook itu 😆 wkwk

    BalasHapus
  12. It sounds interesting. I think I can try to follow a project of yours to save my money for books soon.

    BalasHapus
  13. aYO SEMANngat semangat ... moga 2017 ini makin banyak menulis konsisten dan terus berbagi

    BalasHapus
  14. Suka deh sama tulisannya,project-nya keren banget, lanjut terus yaaa... bisa save money for books

    BalasHapus
  15. Hallo pertamakalinya singah disini. i think its a great project, aku juga pernah punya project seperti kaka ntuk menyimpan uang dengan nominal yang kita tentukaan tapi setalah tujuan dari projectku terpenuhi aku jadi malas untuk melanjutkannya lagi :(

    BalasHapus
  16. Setelah pake google translate haha
    Yang gue tangkep, ini ceritanya ngumpulin receh buat akhir tahun beli buku gitu ya? Dan beruntung akhir2 ini banyak buku dijual murah jadi pembeliannya bisa lumayan hehe

    Btwz idenya keren banget... Gue mau ikut2an setelah baca ini, ngumpulin recehan atau berapapun buat beli buku nanti..

    BalasHapus
  17. Idenya keren yah..
    Kyknya udah mulai nambung juga sih buat beli buku..

    Masalahnya, kebanyakan uang bulanan gua memang abiz buat beli buku...
    Setiap kali masuk toko buku pasti ada keperluannya..
    Tapi gitu kluar dr toko buku ntah apa2 aja yang dibeli...

    Hehehhee

    Btw, agak rada ribet juga baca b.inggris giniiih...

    BalasHapus
  18. Terus semangat Mbak buat posting blognya. Oya ngomong2 ttg saving for books, saya sendiri pernah nyoba tapi ga berhasil dampai akhir tahun. Sering tergoda diskon tokbuk online di tengah2 tahun. Xixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe kalo gitu ditahan2 dulu biar nggak dipakai sampai akhir tahun!

      Hapus
  19. Idenya keren tapi sayangnya gue bukan tipe orang yang bisa nabung, meskipun udah diniatin tetep aja keambil juga kalo lagi butuh. But, gue biasa beli buku kalo abis gajian, gue biasa cari diskonan di gramedia. Biasanya kebeli 5-10 buku/bulan, menurut gw itu lebih ampuh karena ngga harus menunggu setahun... hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, senengnya. Sayangnya aku belum berpenghasilan tetap jadi... adanya juga ngehabisin jatah uang bulanan yang efeknya mengerikan di akhir bulan :(

      Hapus
  20. gue punya temen yang idenya mirip gini nih, tapi dia bikin semacam 'denda', jadi misalnya abis nonton film, musti nabung 5k, abis baca buku 10k. Entah ntar uangnya buat beli buku atau tujuan lain, tapi yang pasti jadi bisa nabung :))

    BalasHapus
  21. wah, idenya bagus juga tuh..
    taun kemarin aku lagi keranjingan banget beli buku. dalam sebulan aku bisa beli 5 buku. sekarang malah yang jadi masalahnya adalah, so may books so little time. asli, itu buku numpuk, ngga kebaca-kebaca.
    jadi planning untuk 2017 kayaknya ngabisin semua bacaan kali ya.

    BalasHapus
  22. jadi keinget udah lama ga beli buku..huhuhu

    BalasHapus
  23. Butuh waktu lumayan ngebacanya haha. Pemahamannya juga belum utuh. Maafkan hehe

    BalasHapus
  24. Hihi...receh saya juga banyaaaak di rumah. Taruh toples, kalau ada kembalian langsung masuk situ. Kalau buat low budget, cari buku di priceza.co.id sangat direkomendasikan. Kalau beli online lebih banyak potongan loh. Ada promo gratis ongkir juga kadang2. Lumayan kan?

    BalasHapus

Hello, there! Welcome to harianiseng. Have you travel around here a lot, and get lost? Make sure to pay a visit later! Love.

FRIENDS OF MINE

Subscribe