A Tribute to Sheila On 7

Sabtu, Desember 14, 2013

Sheila On 7 with big smile =) | Photo Credit: here

“Kecintaan kamu sama musik akan dilihat saat kamu enak dan ngga enak tetap main musik. Main band sebetulnya ngga seenak yang dilihat. Ngga ada yang enak terus…”
—Duta, Sheila On 7


Sejak SMP, saya adalah pengagum Sheila On 7 dan karya-karyanya. Saya mengoleksi setiap lagu dari album mereka. Memutarnya setiap saat di playlist. Meracau tidak jelas saat mencoba menghapalkan. Meresapi setiap lirik lagunya dalam-dalam. Juga terkadang iseng mengaitkan lagu-lagu Sheila On 7 dengan kejadian yang saya alami, menjadikannya sebagai soundtrack keseharian saya. Menyombongkan pikiran kalau lagu-lagu itu memang sengaja dibuat khusus hanya untuk saya. Hahaha.

Saat itu, saya memenuhi harddisk komputer dengan mereka. Foto-foto Sheila On 7 ketika live show —yang saya ambil dari google tentunya. Potret dari masing-masing personelnya—bahkan mencapai ratusan potret, agak berlebihan saat itu memang hahaha. Foto Duta, Eross, Brian dan Adam yang menggagahi desktop. Lirik-lirik lagu yang saya salin sendiri sembari mendengarkan lagu-lagunya. Pun melahirkan cerita pendek super alay yang saya buat karena terinspirasi dari setiap liriknya. Ah, saya bahkan dengan amat berani pernah mempostingnya di sini, terinspirasi dari lagu mereka; Waktu Yang Tepat'Tuk Berpisah

Saya sendiri hanya salah seorang penikmat musik biasa-biasa saja dan cenderung awam pada hal-hal tentang musik. Saya hanya menyukai mendengarkan nada-nada yang terasa pas di telinga, membaca lirik-lirik yang masuk akal dan sesuai perasaan hati saya. Dan.. ya, greget itu lah yang saya temukan pada band ini kemudian menyebutkan diri saya sebagai Sheila Gank—sebutan untuk penggemar Sheila On 7.

Akhir-akhir ini, tidak banyak band yang menggunakan perasaan saat menuliskan lagu-lagu mereka. Mereka hanya asal menyanyi, asal terkenal, sampai akhirnya lama kelamaan tenggelam ditelan band-band karbitan lain yang muncul. Sheila On 7 berbeda. Kak Eross, penulis lirik lagu di sebagian besar album Sheila On 7, begitu pandai mengambil ide-ide lagu dari sudut pandang suatu kejadian yang sederhana. Sampai akhirnya berhasil mencuri hati pendengar yang merasa lagu itu ‘aku banget’. Sambil pasang emot senyum terharu :’) Hahaha.

Lagu-lagu Sheila On 7 berhasil mengembangkan bunga-bunga pendengarnya yang tengah jatuh cinta, misalnya lagu Jadikan Aku Pacarmu, atau Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki atau Pemuja Rahasia. Mampu membangkitkan elegi sampai menangis saat patah hati, misalnya lagu Hingga Ujung Waktu atau Berhenti Berharap. Juga penggambaran indahnya persahabatan kala itu, misalnya Sahabat Sejati dan Kisah Klasik untuk Masa Depan.

Dan, ketika orang berkata, ‘sebuah kisah yang bagus adalah kisah yang dapat menghidupkan kisah orang lain’ tentu lagu yang tepat juga dapat membuat seseorang untuk menentukan soundtracknya sendiri, bukan?

Rasanya salah ketika masih saja mempertanyakan alasan orang-orang menyukai Sheila On 7 ini karena… It’s almost 18 years! Sheila On 7 bahkan masih tetap solid —meskipun ada dua personelnya yang keluar— masih tetap eksis, dan masih konsisten berkarya hingga saat ini. Bukankah itu bisa menjadi semacam pembuktian kalau mereka menghadiahkan album-album baru dan turut meramaikan belantika musik di Indonesia secara penuh? Bukannya setengah-setengah.

**



Dulu, saya selalu berharap dapat melanjutkan studi ke Yogyakarta karena… ya ada banyak alasan yang dapat kamu temukan selipan-selipannya di posting dulu-dulu. Dan... hahaha kali ini saya ingin mengaku sedikit, kalau saya pun sebenarnya ingin ke Yogyakarta karena ingin melihat mereka tampil secara live. Merasakan euforianya band kesayangan tampil di depan mata sendiri. It feels like… whoaaa don’t you know I love you too much!! Saya bahkan dengan bodohnya pernah berjanji pada diri saya sendiri untuk menyempatkan diri menonton Sheila On 7 live di Yogyakarta. Janji yang menyenangan. Meskipun sampai sekarang sepertinya belum terlihat begitu bersinar untuk dapat saya nyatakan. Hahaha.

Malam nanti, 14 Desember 2013 ini, Sheila On 7 akan manggung di GOR UNY, penutupan Farmasi Cup UGM 2013. Ini semacam pamflet yang mau-engga-mau membuat saya nyesek setiap kali melihatnya bertebaran di kampus. Nyesek karena ternyata saya belum diperbolehkan menonton mereka. Sebetulnya saya belum minta izin Umi, sih, tapi sepertinya buang-buang waktu meminta izin dari sesuatu yang nyata-nyata sudah pasti tidak diperbolehkan. Hahaha. Apa boleh buat, ya?

Akhirnya saya hanya Sabtu Malam di rumah. Meringkuk di bawah selimut, menuliskan omong kosong sepanjang malam. Semacam buang waktu. Saya bahkan belum sadar-sadar juga kalau UAS sudah di depan mata, dan membaca satu materi lecture sepertinya amat berat. Huft.

Menjadi pengagum tidak diharuskan selalu setia di barisan depan ketika band kesayangan mereka tengah manggung bukan? Pasti ada cara lain untuk pamer kecintaan. Misalnya… dengan menuliskan posting seperti ini. Hahaha.

Saya ada persembahan lagu juga.

I've been loving you since the first time
An hour conversation on the phone Enjoy my time listening to your music
I've been loving you since the first time
An hour conversation on the phone Enjoy my time listening to your music
So I wanna thank you for filling the emptiness in me
It's you who I've been dreaming of
I've been loving you since the first time on the phone listening to your music


Hahaha. Maksa banget, ya. Apapun semoga closing party bersama Sheila On 7 malam ini lancar luar biasa, ya!


xoxo,
Ma ♥

You Might Also Like

57 COMMENTS

  1. Memang melegendaris lagu-lagu sheila on 7 ... saya selalu kagum dengan karya mereka .... nggak pernah membosankan kalau di dengarkan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Dan semoga mereka tetap seperti ini sampai seterus-seterusnya. Menginspirasi.

      Hapus
  2. gua juga suka sama lagunya so7. lagunya keren, dan bikin nyesek juga sih kadang-kadang.
    band kayak gini seharusnya yang tetap eksis, bukan boyband gak jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah. Dan kadang-kadang kepikiran juga, lagu-lagu jadul gitu malah lebih ngena di hati, ya.

      Hapus
  3. Amiin :)

    Gue jadi inget, belum lama ini abis bikin video perpisahan kampus pake backsound lagu Sheila on 7 yang Sebuah Kisah Klasik. Dan itu..., cukup sukses bikin dosen gue nangis. Muehehehe. Sebagai salah satu penikmat lagu Sheila on 7 juga, terima kasih untuk postingan kali ini. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah seberapa mengharukannya emang videonya?. Hahaha iya tentu.

      Hapus
  4. Band kesukaan gue tuh, ampe sekarang lagu" masih terkenang..
    Jadi inget masa kecil.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe semoga masih tetep terkenang-kenang selawasnya ya.

      Hapus
  5. saya juga penggemar SO7 dari Medan mbak..^_^

    lagunya itu enak-enak,,gk kayak band-band sekarang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo. Yak, jangan cuma bilang di sini. Bilang ke manager band-band karbitan di sana itu. Hahaha.

      Hapus
  6. Balasan
    1. Sheila anak tetangga sebelah yang gendut itu?

      Hapus
  7. Iyak bener, setuju banget... Menjadi pengagum gak harus ikut berdesak-desakan liat konser mereka. Aku suka Sheila On 7 mulai kelas 6 SD, waktu itu Album Kisah Klasik Untuk Masa Depan baru keluar.
    Bersenang senanglah karna hari ini yang kan kita rindukan... dihari nanti sebuah kisah klasik untuk masa depan...

    Duh senengnya ketemu sesama Sheila Gank :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh malah nyanyi di sini. Hahaha iya halo sama-sama senangnya ya.

      Hapus
    2. Hahahah maaf malah menyumbangkan suara yang sumbang hehehe

      Hapus
    3. Hahaha gapapa. Gek dilanjutkan satu album aja.

      Hapus
  8. yeaaaaaah.... sheila on7 sy suka itu ..... lagu2nya kereeeeen ...... :)

    BalasHapus
  9. Waah jadi. ceritanya ketemu sama So7? Foto bareng gak? ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe lain kali baca post-nya sampai selesai, ya. Nice try btw.

      Hapus
  10. oh aku baru tahu, ternyata main band ga ada yang enak..
    justru dibalik itu kenikmatan ada... keren!! kata-katanya.. jadi ingat kata Jedral Sudirman nih, "kenikmatan dan kesenangan adalah awal dari kehancuran"..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Emang bener juga sih kalau yang enak-enak malah melenakan.

      Hapus
  11. Wah, Sheila On 7..

    Band legenda nih. Lagunya asik-asik dan ngepas banget sama anak muda. Emang keren sih.. :D

    BalasHapus
  12. maak, aku terharu. next time kita nonton bareng yuuk :3

    BalasHapus
  13. Udah tau lama mengenai band sheila on 7, tapi baru tau kalo nama fans-nya sheila gank. Kudet amat, ya allah... Lagu yang sampai saat ini masih saya ingat, sepia dan sahabat. Sebenernya masih banyak. Tapi, yang bener-bener masih hafal banget liriknya, ya itu tadi. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya namanya Sheila Gank, Bang. Iyaaaa ngga apal juga gapapa, ngga ada yang marah kok.

      Hapus
  14. Anak Sheila gank ya mbak :p

    Akuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu sering nonton konser livenya, pulang pagi mulu *tapi dulu* hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaaa. tapi belum pernah nonton mereka hahaha.

      Hapus
  15. Belakangan ini aku lagi seneng2nya denger lagu2nya SO7 :D bukan fans berat mereka sih, cuman penikmat musiknya aja,hehe. sabar ya kak, semoga lain waktu bisa nonton konser mereka langsung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe awalnya menikmati, nanti lama-lama ngebet lhooooo. Haha iya, Kak!

      Hapus
  16. sampe' segitunya non. hehe

    kunjungan perdana & salam kenal dari saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, ngga segitunya juga sih. Hahaha. Halo selamat datang. Rileks, ya!

      Hapus
  17. sama kayak temenku,ke jogja buat mendekati so7 --" kenalan gih mba sama temenku.. kayaknya dia nonton deh acara yang tanggal 14 itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Temenmu cewe apa cowo, Dek? Hemm.. coba cowo #plak.

      Hapus
  18. Huaaaa bener2!! SO7 lagu-lagunya keren dan punya makna bagus, apalagi yang ritmenya semangat gitu, hiaa *brb stel playlist*

    BalasHapus
  19. wahh kata katamu simpel namun mengena...

    hahaha

    BalasHapus
  20. wihhh kemaren juga nonton toh? Duta eman idol-able legend banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga, Mas. Waaah bukan cuma bang Duta aja. Semuanyaaa.

      Hapus
  21. Saya juga senang Lagu-lagu Sheila On 7 mba ^^

    BalasHapus
  22. aku juga sheila gank, suka banget ma lagu anugerah terindah, hingga ujung waktu dll :)

    BalasHapus
  23. Aku juga sempet suka, pas SD tapi. Bukan karena ngerti arti liriknya apa, tapi lebih ke 'enak didenger'. Terakhir nonton konsernya di Pekan Raya Jakarta Kemayoran 2013 kemarin. Asik, rame, hidup.

    BalasHapus
  24. So7 emang ngga ada matinyaaaa. Lagu lama aja masih asik didengarin. <3

    BalasHapus
  25. Kadang kalo nyetel musik SO7 di saat ini, jadi inget masa2 putih abu2. lagu lama tapi masih enak didenger

    BalasHapus
  26. waaaaa... aku suka sama sheila on 7 dari jama SD XD

    BalasHapus

Hello, there! Welcome to harianiseng. Have you travel around here a lot, and get lost? Make sure to pay a visit later! Love.

FRIENDS OF MINE

Subscribe