#Day 16: Tempat Main HARIAN-ISENG

Kamis, Februari 13, 2014

Don’t believe anything you read on the net. Except this. Well, including this, I suppose.
Douglas Adams

Internet&you! | Photo Credit: here

Penyebutan diri menjadi seorang blogger sepertinya kurang resmi, ya, kalau kerjanya hanya menulis post, mem-postingnya di blog, pamer di social media atau komunitas blogger yang diikuti, menunggu-nunggu komentar —sedihnya tidak ada, kasiyaan. Pasif. Tidak ada interaksi dengan teman blogger lain.

Lebih keterlaluan lagi saat merasa tidak perlu mengunjungi blog lain. Duh, berasa seleb-blog saja. Hahaha. Padahal, blogwalking itu penting, lho. Saya tahu, sudah banyak teman yang menyebutkan keutamaan blogwalking, jadi kali ini saya hanya akan menyebutkan satu saja: inspirasi berantai.

Jadi begini. Setelah membaca tulisan orang lain —yang berhasil membuatmu membaca sampai habis— bisa saja kamu tetiba terinspirasi menuliskan ceritamu sendiri. Bolehlah dengan tema yang sama, atau mungkin garis besarnya. Misalnya, sekarang kamu tengah membaca cerita saya, setelah ini kamu begitu bersemangat ikut menuliskan daftar blog yang setia kamu kunjungi setiap kali online. Saat ada teman lain yang membaca tulisanmu itu, dia turut serta membuat post tentang blog-blog kesukaannya. Begitu terus seperti lingkaran setan; tidak putus-putus. Nah, ini yang saya namakan dengan inspirasi berantai.

Bukan, jangan bilang ini pencurian ide. Bagi saya, tulisan yang baik adalah tulisan yang selesai dibaca dapat membuat orang lain mampu menuliskan ceritanya sendiri. Menginspirasi orang lain untuk ikut bercerita kisahnya sendiri.


Karena hari ini tidak hujan, saya berbaik hati menuliskan daftar blog yang menjadi tempat main kegemaran saya selama ini. Disebutkan berdasarkan frekuensi seberapa seringnya saya berkunjung. Selamat menyimak!


HARIAN ISENG | Semacam Tempat Cerita

Screen Captured by me

Peringatan: Kamu harus berhati-hati saat mengunjungi blog ini. Soalnya, Ashima—nama pemilik blog ini— kerap mengucapkan selamat tersesat! kepada kamu yang baru pertama kali main ke blognya. Hei, bisa jadi kamu salah satunya, ya!

Mungkin saya salah satu korbannya. Setiap hari (lebih tepatnya setiap kali saya online), Harian Iseng ini akan segera memenuhi layar netbook dan membuat saya larut dalam setiap cerita yang Ashima bagi. Katanya lagi, ‘saya memang jago membual’, berhasil membuat saya tertegun aneh. Lalu ketagihan ingin mengunjungi blognya lagi kapan-kapan.

Saya akan mengaku: saya merupakan pembaca setia blog ini dari post pertama hingga saat ini. Dan, ya, sepertinya Ashima sendiri berjuang keras memperbaiki tulisan yang dia buat. Berharap menjadikannya sebuah tulisan baik. Saya tahu, dia tengah mengurangi jumlah orang yang menyebut tulisannya alay. Hahaha.

Sejujurnya, blognya memang sederhana. Dominan putih dari template (yang saya yakin) gratisan. Header-nya keren (saya yakin, lagi-lagi) dibuatkan salah satu temannya. Tulisan-tulisan yang ringan (atau dangkal?) dengan tema-tema keseharian yang dialaminya. Dulu, Ashima agak terpengaruh oleh penulis kesukaannya, lama kelamaan dia berhasil menemukan karakternya sendiri. Ya, secara subyektif, keseluruhannya menarik, bagi saya. Entah untuk kamu.

Jadi, kenapa tidak segera mengunjungi Harian Iseng? Selamat tersesat!



PEREMPUAN SORE | Theoresia Rumthe

Screen Captured by me


‘Awas! Blog ini mengandung bir,’ seru kak Theo— pemilik perempuansore.

Saya belum pernah mencicip bir, tetapi sepertinya saya mengerti maksudnya: kecanduan. Iya, blog kak Theo memang membuat sekelompok orang tertentu (yang berhati baik) kecanduan saat membaca tulisan-tulisannya. Misalnya. Saat kamu berkesempatan membaca salah satu postnya, nanti, mungkin kamu akan melakukan tindakan kriminal. Seperti membongkar keseluruhan isi blog kak Theo. Hei, jangan bilang kamu berpikiran kalau saya pernah melakukannya juga, ya! Hahaha.

Blog ini pun sudah beberapa kali masuk majalah untuk direview alias dipromosikan. Jadi, ngga perlu diragukan lagi jam terbang kak Theo dibidang kepenulisan—yang setahu saya menjadi salah satu passionnya. Kak Theo juga beberapa kali (atau sering) mengajak pembacanya untuk tetap semangat menulis. ‘Menulislah dan jangan bunuh diri,’ katanya.

Oh. Kak Theo bahkan berhasil menyebarkan kosa kata baru bagi orang-orang yang jatuh cinta. Seperti, kupu-kupu di perut atau kamu tidak pernah jatuh cinta dengan orang yang salah atau pertemuan setiap orang itu berpola. Nah, silakan kamu temukan sendiri sisanya, lalu lapor ke saya, ya! 



THE CRÈME DE LA CROP ❤ | Evita Nuh

Screen Captured by me


Saya rasa, kamu tidak memerlukan penjelasan panjang mengenai keberadaan blog ini karena blog kepunyaan Evita Nuh ini bahkan telah diakui oleh dunia internasional—khususnya fesyen. Benar begitu? Pun tidak apa-apa kalau kamu memang belum tahu, santai saja! Kamu bisa mendengarkan penjelasan saya atau segera meng-klik link tadi. Atau, sebaiknya kamu melakukan keduanya saja. Hehehe.

Sebetulnya saya cukup kaget. Suatu ketika berkesempatan membaca post pertama blog ini dan menyadari bahwa Evita mulai menjadi seorang fashion blogger di umurnya yang kesembilan. Berbeda sekali dengan saya. Sampai saat ini, saya bahkan masih kesulitan memadu padankan pakaian setiap kali akan pergi. Huft.

Ah, saya memang bukan penggemar fashion seperti (mungkin) pembaca-pembaca blog ini. Awal tertarik dengan blog ini karena… saya menyukai cara Evita Nuh bercerita lewat tulisan. Sederhana. Apa adanya. Ringan. Ini kan yang sering dijadikan alasan saat ditanya: mengapa kamu menyukai blog seseorang?



SHUTTERBACKPACK | Aditya Permana

Screen Captured by me

Dinobatkan menjadi seseorang yang buta arah dan pandai tersesat tidak lantas membuat saya meredupkan impian untuk menjadi seorang traveler. I mean that to prove that you are a traveler, you don’t have to travel all over the word, find a new comfort place to stay, meet up stranger, and so on. Ouch, saya sepertinya menemukan satu kalimat ciamik: the net traveler. Maksud saya: seorang traveler yang mengelilingi dunia lewat internet.

Kamu tentu tahu kan, google mempermudah kita melakukan segalanya. Dan keliling dunia dalam satu malam? Ah, itu hal termudah yang bisa dilakukan seorang net traveler. Being a net traveler is when you can enjoy your trip only in one click. Yey!

Salah satu blogger traveler kesukaan saya adalah kak Aditya—sepertinya panggilannya Adit. Meskipun menolak mengakuinya—kak Adit bilang itu cuma dijadikan catatan pribadi untuk dikenang kapan-kapan— tetapi saya tetap terpesona pada tulisannya tentang tempat-tempat yang telah kak Adit kunjungi. Juga pada foto-foto jepretan kak Adit yang diselipkan sepanjang post.

Ah, saya dan Amel—seorang sahabat— pernah melakukan penelitian. Iya, cuma iseng saja. Semacam mencari tahu ada hubungan apa antara kak Adit dengan salah satu blogger perempuan tetangga. Maafkan kami!

Oh iya. Kak Adit sepertinya lumayan romantis juga orangnya.



The Daily Post

Screen Captured by me

Saya belum lama mengetahui blog ini, sebetulnya. Tetapi karena belum menemukan blog-blog berbahasa Inggris yang menarik. akhirnya membuat saya sering mampir ke sini. Sekalian belajar langsung dari native writers, gitu. Hehehe.

Senangnya, blog ini lumayan aktif dan yang penting lagi: ramai. Beberapa kali pernah diadakan challenge, baik di bidang kepenulisan atau fotografi. Misalnya, daily post, weekly post, bahkan, yearly post sepertinya pernah juga. Pembacanya pun (sepertinya) bisa ikut menyumbang post. Lumayan banget bisa eksis nama di blog skala internasional.


Kapan-kapan, ah, iseng kirim tulisan ke sana. Siapa tahu saking alay-nya jadi diterima. Hahaha. Berminat juga? Yuk!

____________________


Karena hanya diperbolehkan menyebutkan lima blog kesukaan—alias saya mulai males— dengan berat hati akan saya akhiri tulisan ini. Nah, dari kelimanya, adakah yang pernah kamu kunjungi? Atau mungkin menjadi salah satu blog kesukaanmu juga? Wah, kita punya selera yang sama kalau begitu. Hehehe.

Dan karena hanya lima, tentu saja masih banyak blog yang belum sempat saya sebutkan. Iya, tempat main saya kan memang banyak. Hei, bisa jadi salah satu tempat main saya lainnya adalah blog kepunyaanmu! :)

salam sayang,


Ma

You Might Also Like

34 COMMENTS

  1. Yang blognya Aditya Permana kok jadi inget kakak kelas yang punya nama sama ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm kak Adit (sepertinya) orang Palembang dan Syifa di Bandung. Sepertinya bukan orang yang sama hehe

      Hapus
  2. diantara semu referensi itu,, kesimpulan hanya satu mba, jadilah blogger bagi diri sendiri yang punya manffaat untuk orang lain,, mengilhami boleh saja tapi menampilkan karakter sendiri sebagai blogger lebih bagus dan lebih mantap ku kira

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Setidaknya saya sedikit-sedikit berusaha menemukan khas-nya saya hehehe lagipula blog pertama itu, kepunyaan saya lho :))

      Hapus
  3. Inspirasi berantai. Aku suka istilah ini dan bener banget. Blog walking tuh memiliki efek inspirasi berantai

    BalasHapus
  4. waduh berarti gue tersesat dong nih. main-main ke blog gue juga lah.. mehihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe selamat datang! Ah, nanti nyasar juga ngga, Bang?

      Hapus
  5. Wah, blog-blog di atas keren-keren semua ya :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh ngga bilang: jadi pengunjung setianya juga keren.

      Hapus
  6. Kalau yang udah lama main kesini, berarti orang yang terlanjur sesat dong, ya. Hahaha, canda dings. Barusan saya udah lihat satu-satu blognya, dan yang paling saya suka itu blog si Theoresia Rumthe. Jujur, saya baru tahu, lho. Ternyata masih ada blog yang keren (lagi). Gaya penulisannya hampir kayak Ismi. Berarti sama-sama berbakat, nih. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe namanya petualang sejati aja deh, Bang.
      Ah, Bang Mamat ketularan deh jadinya. Hahaha aku masih jauh banget ilmunya sama Kak Theo, tapi kenapa ya seneng kalo dibilang gitu. Duh jadi sombong nih :p

      Hapus
  7. Gue hampir tiap minggu mampir kesini, apalagi si A S H I M A blogwalker sejati yang kmna gue blogwalking selalu aja ada dia yang komen terlebih dahulu, manfaat blogwalking itu udah banyk banget gue rasakan sob, intinya sih itu salah satu faktor dmna sampai skrg gue masih konsisten ngeblog.. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo halo! Hehehe berhubung ashima suka (banget) dikomentarin, jadi dia sering-sering ngomentarin tulisan orang. Gitu.
      Ah, beruntung ya. Semoga selalu nemu blog-blog yang bikin semangat ngeblog :))

      Hapus
  8. blog gue ko gak dimasukin ka asmi :P ? bener banget blogwalking itu penting, blog ka asmi juga buat gue banyak ide hehehe

    BalasHapus
  9. tetap semangat untuk tantangan 30 hari ngeblognya ! Nanti BW kesana ah :D

    BalasHapus
  10. hahaha kalimat pembukanya suka :)

    BalasHapus
  11. harian iseng udah lama masuk bookmarkku. biarlah tersesat yg penting tersesat dlm dunia yg kusuka *cieeeeeeh* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa ngga follow aja? Hahaha. Asyik banget, dah bahasanya.

      Hapus
  12. Aku tersesaaatt dimari,,, tidaaaaaak,,, *aku harus rajin2 BW nih...

    BalasHapus
  13. waaaah, tenyata blog kesukaannya emang keren abiz :)

    BalasHapus
  14. waaaah, tenyata blog kesukaannya emang keren abiz :)

    BalasHapus
  15. e tapi aku ngga kesesat kok ke sini mba he he emang sengaja mo ke blog ini soalnya,,blogwalking jg,,silaturahim,,krn emang bnyk bgt manfaatnya,,

    BalasHapus
  16. aku cuma taunya Evita Nuh. -_-
    makasih infonya, entar aku juga pengen main ketempat mainmu. hhehe :D

    BalasHapus
  17. kosa katanya kak Theo lucu banget. hahaha :))))

    BalasHapus

Hello, there! Welcome to harianiseng. Have you travel around here a lot, and get lost? Make sure to pay a visit later! Love.

FRIENDS OF MINE

Subscribe