Surat Cinta 19: Untuk Huruf Delapan

Kamis, Juni 26, 2014

1..2..3.. | Photo Credit: imgfave



Hai Bapak,

Sudah lama sekali aku tidak berusaha menulis. Kibor yang tengah aku petik ini bahkan sedikit-sedikit mulai ngambek. Tidak mau disentuh. Membuatku salah-salah mengeja kangen. Membuatku harus pandai-pandai menyembunyikan seraut mangkel yang mengular di sepanjang pipi.

Bapak. Sudah lama sekali kita tidak saling menyapa dalam nyata. Kapan kali terakhir bertemu? Awal bulan lalu, ya? Sepertinya, aku masih mengingat resonansi percakapan kita saat itu. Bapak tahu, aku seringkali terkesan lambat memahami ceritamu, tapi ternyata itu membuatku mengingatnya dengan baik. Apalagi ditambah sebungkus cappuccino cincau dan sepiring telur-entah-apa-namanya. Bapak yang membayar, bukan? Ah, ternyata ini yang membuatku masih mengingatnya. Hahaha.

Bapak. Apa kabar?

Akhir-akhir ini, mendung sering menggelantung di langit-langit kamarku. Mereka jago menjelma menjadi kemuraman. Membungkus separuh hatiku. Membuatnya hampir pecah, dan bukan lagi patah.

Bapak. Aku sedih.

Kemarin, lewat sambungan telepon, aku tidak sanggup membagi rahasia paling  menyedihkan sedunia. Hei, Bapak tidak boleh percaya kalau ini memang benar-benar menyedihkan, soalnya aku kan sering berlebihan, ya. Hehehe. Tapi sekarang aku sudah baik-baik saja. Aku sudah pandai memperbaiki perasaanku sendiri. Bahkan, tidak usah lagi menelepon tengah malam. Lalu menangis diam-diam. Sahabatmu ini sudah gede :))



Oh, iya.

Belakangan, aku terlalu sok menyibukkan diri. Membuat pesan balasan dariku begitu lama hinggap di kotamu. Membuat teleponmu sering berakhir dengan nada sambung tak sampai. Sampai-sampai membuatku lupa pada surat yang sudah aku janjikan di permulaan tahun ini. Maafkan aku, Pak.

Sudah lama sekali tidak bersitatap. Semoga Bapak masih mengingat wajah menyebalkanku ini dengan baik, ya.

Sudah banyak sekali cerita yang ingin aku beritakan. Ah Bapak, sepertinya mereka sudah hampir menyerupai sebuah gunung.

Sudah lama sekali tidak mendengar Bapak misuh-misuh setiap ada yang tidak beres.

Sudah lama sekali tidak mengobrol (dengan tenang) bersama Bapak. Tanpa perlu repot-repot berpikir menemukan topik berikutnya ketika stuck. Tanpa perlu khawatir terlihat begitu bodoh dengan respon yang aku lemparkan. Tak usah susah payah menyaring setiap percakapan.

Duh, kapan Bapak sempat main ke Yogyakarta? Hehehe.



______________________


Yogyakarta sedang hujan, Pak. Bapak sedang apa?

Ini lewat hari ke dua puluh Bapak bersembilan belas. Iya, aku baru saja menghitungnya, dengan teliti. Semoga saja tidak salah. Setepat perasaanku membuncah penuh rasa syukur karena memiliki seorang sahabat baik seperti Bapak. Bapak tahu? Tidak ada perempuan seberuntung aku yang mengenal Bapak dengan baik. Ah, tidak begitu baik, sih. Aku hanya mengenal Bapak apa adanya. Hehehe.

Ah, Bapak. Aku baru sadar. Ternyata, ini tahun terakhir Bapak berusia belasan. Begitupun aku. Meski sebenarnya, aku tengah berusaha melupakannya lewat-lewat. Maksudku, ini hanya umur. Apa sih artinya? Bukankah yang lebih penting adalah setiap perjuangan yang kita lalui setiap harinya?

Semoga saja. Tahun ke sembilan belas ini merupakan sebuah titik tolakan bagi Bapak untuk selalu berusaha menjadi lebih bermanfaat bagi orang lain, ya. Menjadi sebuah titik pencapaian bahwa Bapak tengah berlalu dengan kehidupan yang baru. Kehidupan yang lebih bermakna. Bukannya disibukkan dengan lamunan di masa lalu.


Lagi-lagi. Seperti tahun lalu, aku masih setia berucap: Selamat ulang tahun, Bapak. Tidak ada kado terindah selain doa yang dipanjatkan penuh rasa syukur, bukan?

Tahun ini, apa Bapak mau aku doakan: semoga segera menemukan pendamping hidup yang tepat? Boleh tidak, nanti dia aku panggil Ibuk?



Selamat ulang tahun, ya! | Photo Credit: fabiograph



Yogyakarta, pertengahan malam, antara bulan Februari dan April, 2014
ashima,
yang dulu sering berbalas panggilan: Si Sobat.

You Might Also Like

47 COMMENTS

  1. Siapa sih si 'Bapak' ini? Terlalu muda untuk berumur 19, dan terlalu tua untuk dipanggil Bapak. Selalu hanyut dengan surat cinta Kak Asma <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ada saatnya identitas sebenarnya itu harus dicembunyikan, Sip :))

      Hapus
  2. So sweet, tinggal berjauhan dengan bapak, ya? kayak kirim surat sama pacar aja nih hehe

    BalasHapus
  3. (Masih) suka sama diksi yang dipakai :)

    BalasHapus
  4. Suka di bagian kata "Membungkus separuh hatiku. Membuatnya hampir pecah, dan bukan lagi patah". Feelnya dapet!

    postingan ini lebih seperti surat ya? xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena memang sedang menuliskan surat cinta :))

      Hapus
  5. keren ashima, kata-katanya selalu mengalir.. suka banget :)

    BalasHapus
  6. merinding bacanya. bagus sekali~! Wooow!

    BalasHapus
  7. ehem ehem siapa itu,,,ayo donk di bongkar biar aku nggak penasaran sama si Bapak,,,

    BalasHapus
  8. Kata-katanya keren banget :v

    BalasHapus
  9. wihiii, kalimatnya putis sekali, aku ikut aminin deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe bagian yang mana? Pasti menemukan pasangan ya?

      Hapus
  10. Cocok jadi anak sastra, mbak. :))

    BalasHapus
  11. adem banget kata-katanya, kebetulan aku bacanya pas tengah malem gini. sosok 'bapak' disitu itu sahabat kamu ya?

    BalasHapus
  12. Padahal udah baca waktu hari selasa cuman lupa naro jejak. Huft:|

    BalasHapus
  13. karakter bapak yang berumur belasan, dan ada harapan di tahun berikutnya karakter ini mempunya pendamping. maksudnya Duda berumur belasan gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ngga gitu juga, Oom. Ini tuh ada semacam kode-kode rahasianya gitu :p

      Hapus
  14. (calon) dokter yang keren nih. Selain bisa menyembuhkan orang sakit, bisa membuat karya berupa sastra juga. Weleh-weleh, ajarin dong. :p

    BalasHapus
  15. jadi penasaran sama si "bapak" abis baca suratnya nih :)
    Keren banget mba kata-katanya.. hehe

    BalasHapus
  16. aih matee. keren surat cintanya. tapi, kayaknya komen gua setiap ada surat cinta yg elo buat pasti keren deh. tapi emang keren. haha
    semoga bapak segera bertemu dgn ibuk. boleh gak gua manggil mereka keluarga?
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe makasih ya Bang Arman udah sering main ke Harian Iseng :))

      Hapus
  17. mbak, aku mau dong dibuatin surat cinta kayak gini :D meskipun belum kenal, belum tau siapa mbak asma tapi aku pengen :D *ngarep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe sini sini kenalan lagi biar kenal.

      Hapus
  18. Duuuhh,,, so sweeeett "O O Siapa Dia" hyooo kasih tau dong mba...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tanya sama Ail kayaknya tau, Bunda :p

      Hapus
  19. aku kirain itu bapak kamu beneran, ternyata bukan toh -______- jadi sebenernya siapa kah yang kamu panggil bapak?? *kepo*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe untung baca sampai habis ya, Mbak jadi ngga ketipu :p

      Hapus
  20. kata-katanya bagus... itu umurnya 19 tapi panggilnya bapak...siapakah dia? uhuuumm
    ternyata kamu inget dia gara2 ditraktir capucino cincau dan telur hahahaa
    selamat ulang tahun yaa bapak :)

    BalasHapus
  21. Keren, tapi lucu... dipanggilnya Bapak masa. Hahaha..

    BalasHapus
  22. Keren... tapi lucu panggilannya Bapak. hahhaa

    BalasHapus
  23. Kunjungan pertama, diksinya kok keren yah :D pengen :(

    BalasHapus
  24. Aku kalo sahabatan sama siapapun males banget dipanggil bapak, tapi kalo dibikinin surat kayak gini...aaaaaak mau :( *eh

    Btw kak Asma, kenapa enggak gabung grup Blogger Energy (BE) aja sih? Tuh di atas aku lihat ada beberapa dari anggota BE yang komentar. Asli asik banget kalo bisa satu grup sama sastrawati keren kayak Kak Asma.. gabung, ya? Setiap tanggal sembilan akan ada penerimaan anggota baru. Bukan kah Kak Asma pernah bilang kalo sebagai blogger, kita jangan hanya mau diperhatiin, tapi juga harus mau memerhatiin? Iya enggak? Jadi.. gabung ya.. ditunggu pokoknya! :P

    BalasHapus
  25. Semoga yang dimaksud si Ibuk itu kamu ya nduk. aaaaakk \:D/

    BalasHapus
  26. ih aku ngga paham Bapak itu siapa, hehe lemot :|

    BalasHapus
  27. Astaga, kirain gue ini surat cinta bapaknya mbak ashima. Eh, ternyata buat temennya. Baru tau usia belasan dipanggil bapak soalnya hahaha.

    BalasHapus
  28. Jadi si Bapak ini siapa ya sebenernya? Gua jadi bertanya-tanya...

    BalasHapus

Hello, there! Welcome to harianiseng. Have you travel around here a lot, and get lost? Make sure to pay a visit later! Love.

FRIENDS OF MINE

Subscribe