Ashima dan Harian Iseng

Sabtu, Juli 05, 2014


Dongeng Ashima dan Harian Iseng | Photo Credit: tumblr
 
Halo.

Sebetulnya, saya tidak terbiasa memperkenalkan diri lewat satu posting karena, ya, saya tidak ingin membuatmu langsung pandai mengenal siapa saya hanya lewat tulisan ini. Saya rasa lebih menyenangkan saat melihatmu terpaksa membongkar tulisan-tulisan lama saya, demi mengenal siapa saya sebenarnya. Romantis, bukan?

Atau, kamu bahkan tidak mau peduli siapa saya, yang tengah berusaha keras mengalfabetkan lingkaran-lingkaran ide di kepala ini. Entah. Pun begitu, saya mungkin akan lebih tidak peduli dan tetap melanjutkan menulis. Seperti biasa.

Atau (lagi), sepertinya kali ini saya harus membuat pengecualian, ya. Karena posting ini saya buat spesial. Super spesial, demi menemukan keluarga baru di Blogger Energy.

So, yeah. Perkenalkan, saya Ashima, dan blog saya, Harian Iseng.


_______________


Saya mengenal Harian Iseng sejak tahun 2009, tepatnya 9 Juli 2009, terhitung dari posting pertama yang saya publish di sini. Hampir lima tahun. Lima tahun adalah waktu yang cukup lama bagi sebagian orang. Namun, hanya sebentar, kata sebagian lainnya, termasuk saya.

Ingatkah kamu pada pepatah yang mengatakan bahwa, waktu terasa begitu cepat saat kamu bersama orang yang kamu sayangi, pun saat kamu tengah melakukan hal yang kamu sukai.

Iya. Saya mempercayai pepatah ini karena itulah yang terjadi pada saya, selama berteman dengan Harian Iseng, tersesat  setiap kali membukanya di dasbor blog.

Saya tahu, sebagian teman blogger lain membuat blog baru saat merasa tulisan-tulisan mereka di masa lampau—bisa dibilang, amat sangat memalukan. Alay, dengan bahasa sok gaul yang menggelikan. Tulisan compang-camping akibat hasil merampok artikel blogger lain. Lalu, membiarkan blog mereka berbulan-bulan tidak terurus. Sampai akhirnya, menghapusnya. Sembari berusaha menghilangkan jejak. Move on dengan blog baru yang—katanya, lebih fresh.

Tapi, entah mengapa hal ini tidak terjadi pada saya—dan Harian Iseng. Rasanya, tidak sampai hati berhenti berteman dengan Harian Iseng yang telah sekian tahun menjadi sahabat karib saya. Karena alasan sepele seperti, tulisanku tidak baik dibaca orang. Oh, itu bahkan masih sering terjadi pada saya, hingga saat ini, bahkan saat saya menulis ini.

Selama ini, saya mengibaratkan Harian Iseng menjadi: pembeku kenangan.

Ada banyak hal menyenangkan yang telah saya bagi dengan Harian Iseng, pun yang menyedihkan. Siaran radio. Pramuka. Kelulusan SMP. Seragam putih abu-abu. Trigonometri. Surat cinta. Lingkaran persahabatan. Mimpi-mimpi. Patah hati. Penyesalan. Kehilangan.

Ada banyak hal bodoh yang telah saya lakukan, pun banyak yang tidak sengaja saya lupakan. Menuliskannya di Harian Iseng merupakan salah satu cara saya untuk tetap mengawetkan mereka. Saat saya sedang kangen, atau berusaha mengingat sesuatu, saya tinggal mengobrak-abrik tulisan-tulisan lama saya. Saat saya tengah jatuh, saya mencoba menemukan selipan mimpi-mimpi yang pernah saya tuliskan di Harian Iseng. Dan, ya, Harian Iseng sudah begitu baik menjaga kenangan-kenangan ini tetap hidup. Bersama saya. Selama lima tahun pertemanan kami.

Rasanya mungkin menggelikan saat membaca ulang tulisanmu dua atau tiga tahun yang lalu, tapi percayalah, perasaan geli itu jauh kalah jumlahnya dibanding perasaan hangat karena berhasil mengingat kenangan-kenangan baik yang pernah kamu alami. Mau mencobanya bersama?  :))

_______________

Oh iya.

Saya mengenal Blogger Energy sudah cukup lama, awalnya hanya dari tempelan banner di beberapa blog yang sering saya kunjungi. Banner-nya kelihatan… catchy. Sayangnya, setiap kali saya klik selalu saja menuju halaman facebook yang katanya tidak ditemukan. Sampai akhirnya menemukan websitenya, juga akun twitter-nya. Lalu membuat saya beberapa kali blogwalking, bahkan berteman dengan anak Blogger Energy. Iya, meskipun tidak seintens obrolan saya dengan anak-anak Jamban Blogger, sih. Hehehe.

Oh, mungkin kamu perlu tahu bahwa saya memang sering berkeliaran antar blog, antar komunitas blogger. Apa blogmu sudah pernah saya kunjungi? :))

Sekitar awal tahun ini, atau tahun lalu, (Saya lupa. Hehehe!) semesta berbaik hati mempertemukan saya dengan Bang Edot di event ‘Grasindo goes to Jogja’. Iya, ini semacam acara promosi buku-buku baru terbitan Grasindo, atau apapun, yang terpenting adalah saya berhasil mendapatkan tanda tangan beliau di buku Asam Manis Cinta (yang katanya fenomenal).

Setelah basa-basi mengatakan,
‘Bang, aku suka blognya Abang. Hehehe. Semangat nulisnya, ya!’

Percakapan berpindah pada,
            ‘Sudah gabung Blogger Energy, belum?’

Bang Edot berhasil menambahkan lamunan saya dengan, kenapa harus gabung Blogger Energy?

Sampai akhirnya beberapa waktu yang lalu, Huda menitipkan komentar menyenangkan di salah satu postingan. Isinya semacam, iya, mempromosikan Blogger Energy. Dan, berhasil membuat saya menuliskan ini. Sepanjang ini. Tengah malam ini.

Selain alasan klasik seperti, ingin bertemu dengan teman-teman baru, atau ingin berkumpul dengan orang-orang yang punya kesamaan passion di dunia blogging, saya hanya penasaran pada penyebab Huda berani-beraninya mengajak saya bergabung menjadi anggota Blogger Energy. Memangnya seperti apa, sih, menyenangkannya menjadi anggota Blogger Energy? Saya rasa, tidak semua orang mau repot-repot mengajak orang lain masuk ke komunitas yang dia ikuti kalau dia sendiri tidak merasa nyaman.

Oke, Huda, thank you for your invitation :))

Oh, juga ada alasan lain yang super spesial. 9 Juli nanti Harian Iseng akan berulang tahun yang kelima. Jadi, tidak ada salahnya memberi-nya hadiah berupa teman-teman blog baru dari Blogger Energy. Benar, bukan?


Yogyakarta, 5 Juli 2014
salam kenal dari Ashima dan Harian Iseng, ya!
Photobucket

You Might Also Like

29 COMMENTS

  1. wih, blogku udah dong disamperin ka ashima hehehe. aku juga sering liat banner itu di blog orang-orang dan udah kepoin juga sih tentang blogger energy :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya tapi baru akhir-akhir ini ya nemu blognya Rizka :p

      Hapus
  2. Buset. 5 taun, men. Udah mau lulus SD aja ini blog.

    Eniwei,mbak ashima keren banget kalau tulisan pertamanya bagus dan kalo gue liat-liat postingan lampau. Apalagi yang TELAGA HATI. Wih. Keren. Masih keren abis kayak yang sekarang. Lah gue? postingan lama gue kayak gembel. Compang-camping dan lebih mirip tulisan orang-orang homo.

    Untung aja sekarang tulisan gue udah mulai membaik. Huhu.

    In the other side, semoga betah ya di blogger energynya. Hem... jadi pingin masuk. Katanya rame gitu sih... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah lulus, Qi soalnya harian iseng anak akselerasi.
      Hahaha nggak, nggak. Itu zaman SMP ya dan itu mah ketahuan banget hasil copas huahaha. Iya, udah rapi kok sekarang tulisanmu. Belajar bareng-bareng biar punya tulisan bagus, yuk :))

      Hapus
  3. Waow, lima tahun? Kalau memang benar untuk sebagian orang, lima tahun adalah waktu yang sebentar, lantas bagaimana dengan yang baru berumur lahan padi yang baru panen tiga kali? Hahaha.. yang jelas, lima tahun itu tidak sebentar, meskipun belum begitu menyenangkan dibilang lama, bukankah menduakalilipatkan atau lebih akan jauh lebih banyak yang bisa kita bekukan lewat tulisan?

    By the way sama-sama yah kak Ashma, entar begitu gabung, bakal tahu gimana menyenangkannya jadi anggota Blogger Energy :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke oke. Bagaimana kalo keterangan waktunya kita ganti menjadi, hemm.. apa ya, aku ngga ada ide, dek. Tapi setuju deh sama kamu :))

      Hapus
  4. aduh, mbak asma..
    aku juga mau gabung BE loh :D kita sehati ihhhh :3 hihiw

    BalasHapus
    Balasan
    1. nganu..mungkin ini pertanda biar kita terlihat semakin dekat, Lis.

      Hapus
  5. alhamdulillah.. akhirnya kak Asma masuk ke BE...
    salam kenal ya.. pendatang baru tapi udah sahabatan sejak lama... hehehe
    sip..sip.. semangat kak!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya Mas Agha dari awal kita udah sering saling silaturahmi ya. Mas Agha produktif banget, sih, nulisnya.

      Hapus
    2. cie,,,cie.... apanya yang produktif. ini lagi KKN ngga ada sinyal.. ngga bisa postingan nih.. hehehe

      semangat ya..!hihi

      Hapus
  6. Wihi ikutan Blogger Energy nih yee. \:D/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yak. Ini sebagai langkah awal memassive-kan membacasejenak, Bang ((lah.))

      Hapus
  7. oh, jadi ada semacam campur tangan Huda sama edot? emang sih keliatan mereka jiwa salesmannya emang menggebu-gebu :)

    selamat datang di BE, semoga mudah membaur dna buktikan apa kata Huda. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salesman hahaha kan itu bukti kalau jadi anak BE itu menyenangkan, Bang. Sip :))

      Hapus
  8. Wih blogger sejati banget.. Banyak gabung komunitas blogger :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya belum jadi blogger terkenal, sih. Hehehe. Eh, bercanda ding!

      Hapus
  9. saya salam kenal aja ya dulu mbak, soalnya pendatang baru ni heeheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe besok berubah jadi pendatang lama.

      Hapus
  10. Owh lagi lagi huda dalangnya hahahahaha. Huda sama edot sepertinya layak dijadikan man of the match di be hahahaaha.

    BalasHapus
  11. Selamat datang, dan salam kenal teman baru :D *shakehand *SKSD :D

    huahahahah

    BalasHapus
  12. Salam kenal ya kakak... semoga betah di BE..

    BalasHapus
  13. halo selamat datang di blogger energy, semoga betah ya dsiniiii :D
    oooh jadi awal mula bisa gabung sini gara-gara ketemu bang edotz sama di goda huda tohh hhaha
    cerita kamu asik banget, enak di baca.

    kamu sering berkeliaran antar blog toh, udah kunjung ke blog aku gak? saling follow blog bisa yaa :3 wkwkwk

    BalasHapus
  14. Salam kenal, selamat bergabung di BE! semoga bisa memberi energy positif dalam ngeblog! eh, lima tahun loh. aku baru jadi blogger setahun, newbie banget yah. hehehehe

    BalasHapus
  15. lama juga ya baru sempet gabung setelah pertemuan kita di sore kala itu.. halah :D

    oke deh.. semoga betah ya.. semoga bisa ngeksis juga di BE, dan semoga bisa nyambung sama kelakuan anak2 BE ~

    BalasHapus
  16. selamat bergabung....
    semoga bisa membaur sama kita, ceilah kita, gue emang suka sok akrab, wkwkkw

    BalasHapus
  17. 9 Juli? aaaa telat. gimana ini aduuuh :3
    Selamat panjang umur Harian Iseng, jangan menyebalkan tapi harus dan selalu kocak yaa.. saya pembaca tulisan-tulisan Harian Iseng loh dan penulis nya juga saya suka... Salam kenal :))

    BalasHapus
  18. hai, kak Ashima aku pendatang baru nih soalnya punya blog juga baru banget,,nih lg BW...tulisan-tulisan kakak sangat menginspirasi sekali :D.
    Salam kenal ya kakak :D

    BalasHapus

Hello, there! Welcome to harianiseng. Have you travel around here a lot, and get lost? Make sure to pay a visit later! Love.

FRIENDS OF MINE

Subscribe