Receh untuk Buku 2014

Minggu, Januari 05, 2014

Too many people spend money they earned to buy things they don’t want, to impress people that they don’t like.
Will Rogers

____________


Hari ini baru saja menyelesaikan sesi bermalas-malasan-di-Minggu-pagi ketika saya akhirnya membuka goodreads setelah sekian lama mengabaikannya dan mulai membaca-baca beberapa review buku-buku baru. Sebagai tambahan informasi saja, sih, goodreads ini as the name, semacam ladang bertemunya para pecinta buku seluruh... dunia. Where you feel so comfortable there and it takes so loooong time to come back to the real word. It’s like seriously, lho karena saya salah satu korbannya. Hahaha. Gimana ngga betah di sebuah tempat yang isinya jutaan buku dan kamu bisa membaca halaman pratinjaunya dengan g r a t i s.

Oke baik. Sebetulnya bukan tadi inti posting hari ini.

Jadi setelah sibuk nge-goodreads-ing sambil melupakan materi UAS Psikologi secara totalitas, saya terdampar di blog kepunyaan Syifa. Kemudian membaca salah satu project tahunan 2014 yang dinamai Receh untuk Buku. It’s sounds good karena ada kata-kata receh yang berarti tidak diharuskan membuat posting selama satu tahun, misalnya. Ngaku deh saya memang belum pandai konsisten menulis. Hahaha.

Project tahunan Receh untuk Buku ini digawangi oleh kak Maya Floria. Ternyata tahun ini bukan kali pertamanya project ini diadakan. Sudah dua atau tiga kali, entahlah, saya tidak sempat mengobservasi secara mendetail seperti biasanya. Hehehe. Awalnya saya kira ini semacam program mengumpulkan uang dari para blogger, untuk kemudian dibelikan buku-buku dan disumbangkan ke perpustakaan sekolah. Tapi ternyata ini untuk pribadi.

Nah, sesuai dengan taglinenya, Receh untuk Buku 2014 ini secara tidak langsung mengajak kita berhemat dan mengumpulkan uang sisa dalam bentuk koin, kemudian diletakkan dalam suatu tempat bernama tabungan. Kalau kata saya sih, lebih memperhatikan recehan yang banyak diabaikan dan dianggap tidak penting. Ah, sebetulnya ini pengalaman pribadi. Hahaha.

Peraturan project kali ini yaitu mengumpulkan uang receh selama setahun, dari awal bulan Januari 2014 hingga akhir Desember 2014. Karena saya baru tahu hari ini, berarti setahun minus lima hari. Oh, iya. Project ini berakhir tepat akhir tahun, jadi sepertinya tahun baruan 2015 akan dihabiskan dengan memborong buku di toko buku, nih. Hahaha. Belum-belum udah bayangin aja :p

Peraturan keduanya tidak boleh menghitung uang tabungan sampai akhir tahun 2014. Duh, semoga saja bisa terkumpul banyak. Jadi ketika membongkar celengan kemudian menghitungnya kita akan terkaget-kaget. Bukan. Bukannya kaget karena ternyata jumlahnya sedikit sekali dan tidak sesuai harapan. Tetapi karena rupiahnya melebih ekspektasi. Wohooooy senangnya.

Lalu setelah semua uang terkumpul, belikan buku yang diinginkan atau bisa juga menghadiahkannya untuk orang lain. Karena saya termasuk manusia pelit dan sayang uang, sepertinya uang tabungannya besok akan dibelikan buku untuk saya sendiri. Lumayan juga, nih. Soalnya ada beberapa buku yang masuk wishlist tahun ini karena tahun lalu belum sempat dibeli. Yaah.. Kecuali ada kejadian lain dari biasanya tahun depan, tidak sungkan akan saya belikan untuk orang lain, kok. Hehehe.

Yang terakhir membuat posting tentang project ini kemudian mengumpulkan link ke blog Kak Maya Flora.


Receh untuk Buku 2014. | Photo Credit: Maya FJ

_______________


Dan.. yang saya pikirkan saat ini adalah setelah membongkar celengan, menghitung receh yang terkumpul, apakah pergi ke toko buku dengan dompet penuh receh kemudian membayar buku yang di beli dengan receh-receh ini? Hei, ini sepertinya ide bagus juga sih. Menambah pekerjaan kasir di toko buku yang kadang suka kurang kerjaan itu. Atau mungkin ditukar ya? Hemm.. Ah sudahlah, toh masih ada waktu satu tahun untuk memikirkan hal ini.

Lumayan sekali untuk resolusi baru tahun 2014: Kalau biasanya belanja buku bulanan, tahun ini belanja buku tahunan. Yippiee.


xoxo,


Ma.

p.s
Untuk lebih lengkapnya, check blog kepunyaan kak Maya Floria di sini, ya!
Receh saya ternyata banyak juga. Sisa-sisa beli makan malam di angkringan dekat rumah. Hehehe. Maklum anak kost
:p
Oh, iya. Setelah melihat pengikut project ini, sepertinya mereka-mereka pecinta buku sejati. Mereka bahkan pemilik blog niche review buku. Wah wah. (blog niche: blog khusus yang hanya membahas tema tertentu. Misalnya hanya review film saja, atau tutorial saja.)


You Might Also Like

53 COMMENTS

  1. nice posting :) suka banget quote di awal itu

    BalasHapus
  2. wah.. pengen ikutaan..
    Tapi biasanya kalau aku ada receh atau kembalian, suka diminta sama adek, hhe.. ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut aja, Ai. Hehehe sekarang langsung masukin celengan biar ngga diminta.

      Hapus
  3. wah kalau ngumpulinnya recehan mulu, kasir gramed mau nerima gak ya?
    haha. puyeng ntar dia ngitungnya.
    ide bagus juga ini. bisa diterapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya nih. Kalo dituker ke bank gitu emangnya boleh ya?

      Hapus
  4. anak kos agak sedikit kesulitan menampung terlalu banyak buku. kamarnya sempit, ga muat buat nambah rak lagi. huahuaa...

    BalasHapus
  5. Blognya Kak Floya kan termasuk blog buku, jadi isinya tentang buku aja Kak :))

    Yeay, semoga kita konsisten ya nabungnya, ekspetasi aku juga gitu, semoga recehannya banyak, pengennya beli hardcover Sherlock Holmes yang muahal itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makanya aku bilang blog niche hehehe.
      Wohooy semangat memunguti receh, Syifaa.

      Hapus
  6. wah, good idea.. boleh ditiru nih, hehehe

    BalasHapus
  7. Mengumpulkan uang receh? Receh berupa kertas atau logam, Ma?
    Pengin coba ikut projeck kayak gini, nih. Kelihatannya asik banget. Hahaha.
    Dan, niatnya kalau udah banyak pasti ditukerin dulu. Kasihan, kasir gramed kalau bayar pake tumpukan recehan. Antrian bakal lama nanti. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya. Receh yang koin, Bang. Hahaha bener juga ya. Tapi keren lho. Jadi nanti gramedia ngasih kembalian ke pelanggan lain uang receh koinan gitu deh. Hehehe.

      Hapus
  8. Wah bagus juga tuh,, jadi pengen ngikut dah,hahaha tapi kalo beli bukunya tahunan, kayanya gk betah juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Kalo aku sih tetep ngumpulin dana buat beli buku bulanan juga. Seru aja biar akhir tahunan borong buku :))

      Hapus
  9. Aku sudah sejak lama ngumpulin uang receh di dalam botol sprite 2 liter. Hampir 2 tahun kayaknya, tap gak penuh-penuh. Soalnya emang gak niat buat beli apapun. Seneng aja ngumpulin uang-uang receh yang kuningan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah coba sekarang di galon air aja, Mas. Jadinya lebih lama penuhnya hahaha. Kalo bingung, uangnya boleh buat aku lhooo.

      Hapus
    2. Ahahaaha itu mah kebangetan besarnya @_@ Udah ganti pake botol yang 3,1 liter kok hahaha. Mau buat beli rumah aja deh ah.

      Hapus
  10. Ngumpulin Uang Teceh Kalo dah Banyak Saya Gawurin ... Soalnya Kalo ada sukuran atau apa Di desa saya kaya gitu ... hehehehe


    Follow

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya. Dulu waktu kecil setiap ada yang meninggal rebutan receh sama temen-temen.

      Hapus
  11. Ikutan Ikutan.... kebetulan setiap belanja sayur, suka ada kembalian recehnya dan suka terabaikan... Lumayan kalau di tabung bisa beli buku tahun depan.. yay...

    Oya salam kenal ya mba,, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belanja sayur.. ibu-ibu ya? Hehehe. Semangat ngumpulin kembaliaaaaan. Halo salam kenal :))

      Hapus
  12. Beneran belinya mau pake uang receh ma? bareng-bareng aja belinya pasti asik kali ya ma :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha masih rencana hebat aja sih. Ganti muka dulu deh kalo mau bayar recehan ke gramedia :))

      Hapus
  13. sama juga dong dengan dengan saya.. saya pernah kepikiran punya ide seperti itu dan akhirnya ngga jadi jadi juga malahan gagal

    salam kenal ya para bookeper

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe proyek ini mah ngejalaninnya sambil setengah-setengah kekumpul lho. Halo salam kenal :))

      Hapus
  14. aku ga akan deh bisa ikutan ini, aku sih emang udah punya celengan buat uang receh, tapi itu lebih difungsikan sebagai uang jaga2 diakhir bulan, ya tau sendiri lah namanya juga anak kost, kalo akhir bulan suka kelaperan -____- semangat nabung ya asma!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Aseh kok mencitrakan sekali anak kost yang super irit dalam tanda kutip yaaa :p Hehehe iyaaaa tentu.

      Hapus
  15. wah idenya unik dan patut ditiru

    BalasHapus
  16. Kalau mau nyimpen receh sebaiknya di celengan yang terbuat dari besi seperti brankas. jadi gak bakalan di bongkar dalam jangka waktu dekat. kalau dari tanah liat pasti sebentar-sebentar di pecahin terus kan. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha betul sekali. Tapi yang jadi nomor satu sih ketahanan diri biar ngga pengin make receh itu buat jajan dulu sebelum akhir tahun hehe

      Hapus
  17. Aku bantuin boleh nggak nih kak? :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini sini nyumbangnya ngga boleh setengah-setengah tapi ya :p

      Hapus
  18. cara mengumpulkan uang untuk membeli buku bagus juga. Kalau aku sih tetap menyisihkan sedikit uang untuk membeli buku. Nggak sampai satu tahun sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ngumpulin uangnya juga double. Bulanan dan tahunan. Kalau proyek ini semacam mempersiapkan bookfair akhir tahun sih hehehe

      Hapus
  19. seruu juga nih kayanyaaa :D ikutaan ahhh ^^

    BalasHapus
  20. ciyeeeee header baruuuuuuuu :3 unyu banget mak!

    Pengen deh nabung juga buat beli buku baru :'3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe. Nggak usah nabung, Peh. Nunggu dikasih aja :p

      Hapus
  21. ayeeey beruntung baca artikel ini, jadi cica dapat informasi ttg goodreads. dari dulu blm tahu kalo ada ini nyahahaha

    BalasHapus
  22. waaah, pengen ikutan nih ;)
    kan asik bisa beli buku diakhir tahun ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya ayo ikutan aja Mut. Nanti borong bukuuu :))

      Hapus

Hello, there! Welcome to harianiseng. Have you travel around here a lot, and get lost? Make sure to pay a visit later! Love.

FRIENDS OF MINE

Subscribe