Titik Nol Perjalanan

Minggu, November 03, 2013

Twenty years from now you will be more disappointed by the things you didn’t do than by the ones you did do. So throw off the bowlines, sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover. — Mark Twain

_____________________________________


Hari ini saya bersegera bangun saat alarm berteriak membangunkan saya. Entah karena saking tidak sabarnya menunggu datangnya hari ini atau karena saya cukup tidur semalam, —iya, ujian kemarin memang mengganggu jadwal tidur saya, saya bangun tidur dengan begitu bersemangatnya. Masih tetap tidak tergoyahkan saat udara dingin Jogja menggigit kulit saya dengan rakus. Akhir-akhir ini, udara Jogja memang sedang ekstrem-ekstremnya. Dingin maksimal ketika pagi dan jangan dikatakan panasnya saat matahari di pucuk langit.

Saking meluapnya semangat pagi tadi, saya bahkan mengabaikan badan yang agak-sedikit demam akibat tidur terangin-anginkan. Iya, jadi semalam saya lupa mengeset timer kipas angin agar mati otomatis. Salah saya teledor. Alhasil saya tidur dengan kipas angin menyala sepanjang malam. Dan ternyata efeknya begitu cepat terasa. Bodohnya.

Anyway, Jogja cerah luar biasa pagi ini. Sepertinya semesta berkonspirasi mengabulkan permintaan-sejak-jaman-perang saya untuk berkeliling Jogja berdua dengan si sepeda. Saya berangkat dari rumah sekitar pukul tujuh. Kok siang? Iya soalnya saya sempat ketiduran habis subuhan. He he he. Pun ditambah foto-foto alay dulu sebelum berangkat. Pft..




percayalah.. saya tidak secantik di foto ini -___- 

Surprise!— sunrise...

backpacking to Bromo.

Maunya sih ngefoto sunrise di jembatan teknik sana, tapi berhubung kesiangan gini ya ora nyandak wektune. Saya kasih liat sunrise di Bromo aja, gimana? Hahaha. Matahari Bromo luar biasa sekali. Saya dan Amel sempat punya keinginan untuk mengunjungi Bromo libur kelulusan kemarin. Mengajak Elisa ke sana. Bertiga. Bersahabat. Travelling. Sepertinya akan sangat menyenangkan sekali. Semoga Bromo suatu saat.. .

Berbekal sebotol air minum dan beberapa lembar uang saya pun berangkat. Ponsel saya bergoyang-goyang ditalikan ke leher. Membantu merekam potongan-potongan petualangan saya kali ini. Huehehe. Saya berasa keren! 

plang nama jalan rumah

gang rumah yang setiap hari saya lewati

namanya Momo. Dia adalah...
 patung muka yang paling gaul se-gang


Destinasi pertama saya adalah Tugu Jogja, sekitar lima menit bersepeda dari rumah. Dekat sekali memang. Tapi biarpun dekat, saya malah belum pernah foto di daerah sekitaran Tugu situ. Duh, ketahuan kan kepengin foto narsis di sana hahaha. Sedang tidak ada yang berdiri di sekitaran Tugu awalnya membuat saya ingin sekadar duduk-duduk iseng di sana. Tapi… malu hehehe. Jadinya cuma saya foto dari jauh.




Saya meneruskan petualangan ke Jalan Mangkubumi, err kayaknya sih seingat saya nama jalannya itu tadi hehehe. Merasa spesial karena ada jalan khusus kendaraan tidak bermotor. Jadi ada becak sliwar-sliwer, pejalan kaki, bakul makanan. Ada rombongan sepeda juga sedang touring. Awalnya saya ingin bergabung, tapi emangnya-saya-siapa? Kemudian bertemu dengan rombongan turis asing. Sepertinya mereka dari Prancis karena semakin didengarkan suara yang keluar kedengaran sengau-sengau gitu. Ngga berani nyapa karena… orang Prancis terkenal sangat mengagungkan bahasa mereka, jadi tidak banyak penduduk aslinya yang bisa berbahasa selain Prancis, English, misalnya. Biarpun sudah tiga tahun belajar bahasa Prancis tapi yang saya tahu cuma, Je m’appelle Asma. Je suis lycenne. Je t’aime beaucoup. Yaaa.. Gituuu deeeh…

Sepanjang jalan ke arah Stasiun Tugu yang saya temui cuma toko-toko-toko-hotel-toko-hotel. Ada sih pohon Beringin tua super gede tapi kok rasanya agak gimana gitu ya. Terlalu banyak gedung-gedung tinggi nih agaknya.


salah siapa naik mobil!


Kemudian saya mentok di Stasiun Tugu. Saya masuk gerbangnya dan kemudian bingung, ini kok petunjuk arahnya cuma mobil sama motor. Kalau sepeda ke mana? Sepeda ditaruh manaaa? Dan karena saya bukan penganut sekte, malu bertanya sesat di jalan, akhirnya saya balik arah. Hahaha.

Saya nungguin kereta lewat, dan agak heran juga lihat palangnya yang kece abis. Jadi palangnya itu bukan semacam portal yang naik-turun, tapi semacam pagar beroda gitu. Coba palang kereta api di semua tempat kaya gitu, ngga bakalan ada orang yang nekat nerobos rel lagi. 



kaya gitu lho palang keretanya


Kemudian meneruskan perjalanan tanpa tujuan sampai akhirnya saya.. eng ing eng, kesasar. 





Daripada nyasar semakin jauh, ke arah Borobudur gitu misalnya, akhirnya saya putar balik ke rute awal. Saya banting setir menuju Grha Sabha Pramana UGM. Oh, sebelumnya saya mampir ke pasar di Jalan Karang Asem, sepertinya, beli tas kresek untuk mengumpulkan sampah. Sampah-sampah di rumah sudah menggunung dan kami kehabisan kresek.


Sampai di Grha Sabha Pramana saya ambil foto di gerbang UGM, di tulisan UGM-nya biar dibilang anak gaul Jogja. Saya bahkan sempat-sempatnya memotret siluet GSP dari balik huruf-huruf penyusun tulisan Universitas Gadjah Mada. Hehehe.. emang saya suka iseng gitu.




Selanjutnya saya berkunjung ke Lembah UGM. Pengin tahu seberapa ramainya sunday morning market. Mungkin ini semacam pasar kaget, di mana banyak penjual menggelar dagangannya di pinggir jalan. Saya muterin Lembah, lihat sepatu, lihat baju, lihat ada bazaar buku, woow, juga ketemu Ratna teman satu angkatan. Padahal dari awal masuk ke sunmor saya berdoa banyak-banyak biar ngga ketemu sama yang kenal saya. Soalnya saya sendirian gitu, jadi terlihat.. ngenes. Duh!

Ratna berdua bareng temannya. Lalu Ratna bilang gini, “Iki lho, Asma. Cah Banyumas!” (Ini nih Asma, anak Banyumas”). Terusan saya bingung juga ngapain si Ratna promosi, “Ya dadi ngapa, sih. Hahaha.”  Kemudian kami pisah jalan.

Sampai akhirnya ketemu ibu-ibu pengemis bawa anaknya yang, maaf, kena hydrocephalus. Saya buru-buru pulang. Saya selalu ngga pernah suka pengemis macam begini. Yang bawa-bawa anaknya-yang-kena-penyakit-apalah, atau yang, maaf, tangannya buntung. Kadang kasihan banget, ngga tega ngeliatnya, tapi kalau saya kasih itu juga sama aja salah. Duh, dilema moral.

Pulangnya saya beli jagung manis rasa barbeque-cokelat susu-bertaburan keju, setelah sebelumnya saya bayar parkir sepeda. IYA LHO! PARKIRNYA BAYAR. Oke, ini pertama kalinya juga saya bayar parkir buat sepeda.

sweet-corn yuummy..

However, jagung manisnya yuumm.. Biarpun lumayan mahal juga harganya 6K buat cup besar. Saya makan sambil pulang nyepeda. Iya, lho benaran. Jadi saya nggenjot sepedanya, terus saya lepas tangan, terus tangannya buat nyuap jagung manis ke mulut. Ih seriusan. Beneran lhoo. Ini nggak bohong. Kalau masalah lepas tangan-lepas tangan ginian mah kecuuuil :p Hahaha. 

Saya pulang ke rumah dan dapat kabar paper-nya Mba Yung diterima buat acara Simposium di Jepang. Semacam diundang ke acara seminar Internasional gitu buat presentasi. Weee.. Lalu Mba Yung lagi galau antara pergi ke Jepang atau engga. Yeah mbak, congratulation! Ah, mungkin saya harus bikin daftar-keinginan-Asma biar memudahkan Mba Yung kalau mau beliin oleh-oleh buat saya :p


_________________________________


Ah.. Semoga saja ini bukan perjalanan terakhir saya mengelilingi sedikit-sekali-wilayah-Jogja. Masih banyak sekali tempat-tempat yang belum sempat saya kunjungi, belum saya tandai pernah-ke-sini, di peta kecil saya. Masih banyak gang-gang kecil yang belum saya temukan. Juga kuliner khas-nya yang belum banyak saya icip. Semoga saja saya berkesempatan menjelajahi Jogja lagi, kapan-kapan. Menyimpan jejak yang saya tanggalkan. Merekam banyak memori tentang tempat-tempat menyenangkan yang pernah dikunjungi. Duh, bukankah ini hal yang menyenangkan sekali?

Saya sering membaca posting-an milik backpacker, traveller, atau apalah sebutan untuk orang yang hobi jalan-jalan, dan rasanya saya ingin suatu saat dapat menuliskan cerita seperti mereka. Cerita bepergian saya sendiri. Berjalan jauh. Menikmati suasana di lingkungan asing. Tidur di peron kereta. Memandang matahari terbit di ketinggian. Kecopetan. Belajar bahasa Asing. Saya tidak pandai menceritakan detail kejadian yang saya alami tapi setidaknya saya sudah berusaha menuliskan cerita saya sendiri kali ini. Hehehe.

Teman perjalanan? Hehehe.. saya tidak bisa menceritakan siapapun karena perjalanan kali ini merupakan solo-travelling. Karena hari ini saya ingin menghadiahi sudut-sudut Yogyakarta yang saya lewati hanya untuk saya sendiri. Dan juga teruntuk kamu yang sudah berbaik hati mau membaca petualangan saya kali ini. Terima kasih, ya! Mungkin kapan-kapan kita bisa pergi berdua. Ayok!




xoxo,



Ma 

ps. 
Hey Baby, thank you for todayyy ♥♥♥


You Might Also Like

26 COMMENTS

  1. Wah kelihatannya seru banget bisa jalan-jalan sendiri. Pakai sepeda pula, Go Green banget... Sering-sering aja melakukan perjalanan seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang seru tapi mungkin lebih seru lagi kalau ngga sendirian haha. Tentu tentu :)

      Hapus
  2. Walaupun emang keliatan ngenes *eh
    tapi kayanya seru juga ya.Sering denger cerita dari temen2 yang kuliah di jogja soal sunmor ini, jadi pengen :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh jangan diperjelas gitu. Ra haha. Iya seru banget, di Semarang mana ada yang gini :p

      Hapus
  3. aaaaaaaakkk gue mau kesono, ketemu yoooooooook!

    BalasHapus
  4. wah jogja emang bagus sih, soal nya gua juga ada keluarga disana, udah lama ga main, setelah liat ini gua jadi kangen (lu harus tanggung jawab). dekorasi nya masih jaman dulu banget ya, harus tetep dipertahanin tuh, kayak kota-kota di italy kalo ga salah._.

    visit ya http://officialbronis.blogspot.com/2013/10/pacar-ku-oppo-n1.html makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke tanggung jawabnya lewat aku balas komentarmu ya hahaha. Iya pencitraan kesederhanaan penduduk Yogya juga soalnya. Cuma sayangnya semakin banyak gedung-gedung tinggi gitu. Duh.

      Hapus
  5. Si Momo cute abiez! Hahaha. Gue pernah lo ke UGM, waktu study tour pas SMA. Eh, tapi itu Ma. Kok palang keretanya sok di unyu-unyuin ya? X))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Momo emang eksotis ya haha. Itu tahun berapa ngomong-ngomong? :p
      Itu gegara efek yang moto unyu juga deh kayaknya hahaha

      Hapus
  6. Wuih jadi anak gahol jogja sekarang :V

    BalasHapus
  7. kasian bangey yah gue belum pernah ke jogja, cuman bisa diceritain doang -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha aslinya mana? Yaudah baca postingan aku aja nyampe habis :p

      Hapus
  8. kalau gitu besok, harus wajib ikut blognus mbak asma.

    Berhubung saya ndak ikut, saya ingin tahu banyak cerita kopdar blogger di sana :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe pinginnya. Tapi saya kayanya ada kuliah :>

      Hapus
  9. eh ternyata anak jogjah.
    terakhir kesana taun lalu. tapi rindunya udah kaya kemarin sore kesana
    akhir bulan bakal melancong kesini.

    dateng kopdar bloggernusantara gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe lagi kuliah di Yogya aja kebetulan. pengen, tapi kayanya ada jadwal kuliah :>

      Hapus
  10. Seru banget ka kayaknya adventerunya :D, mau dong diajak ajak gitu ehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe ayo sini sini ke jogja dulu.

      Hapus
    2. beneran nih :p, ah iya sekarang lagi ada event lo ka di parangkusumo acara tradisi merpati putih, beladiri silat itu loh, tau gak :)?

      Hapus
    3. Iya tapi pake biaya sendiri ya hahaha. Oh iya tahuuuuuu kebetulan temenku salah satu anak merpati putih juga :))

      Hapus
  11. Mba.... Subhanalla sunrisenya indaaah bangettt...

    Saya selalu excited kalau membaca tulisan tentang jogya,,, berpuluh2 kali salah seorang teman mengajak saya untuk pergi kesana, namun berpuluh2 kali saya tolak. Karena belum menemukan waktu yang tepat dan uang yang passs ahahahah... Penasaran banget sama kota yang satu ini. Teman saya sampai bilang, kalau sudah ke Jogya sekali, pasti dijamin mau balik lagi lagi dan lagi.. Gitu kata dia... hhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya Bunda banyak yang bilang gitu, tapi sebetulnya jogja ngga sebegitu menakjubkan kaya yang Bunda kira deh hahaha gatau deh tergantung persepsi masing-masing ya. Ajakin aja Ail ke sini, nanti main sama Asma, Bunda :))

      Hapus

Hello, there! Welcome to harianiseng. Have you travel around here a lot, and get lost? Make sure to pay a visit later! Love.

FRIENDS OF MINE

Subscribe